PWI Mura Gelar Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar

SUKAKARYA-Sukses menggelar Bimtek Pers dan Kehumasan bagi aparatur desa se Kecamatan Sukakarya, , PWI Musi Rawas  langsung melaksanakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar bagi pelajar SMA Negeri Sukakarya.

Tidak kurang dari 20 siswa siswi SMA Negeri di kecamatan yang bakal dijadikan pilot project pwi Mura itu  antusias mengikuti pelatihan yang digelar Kamis, 21/9.

Sementara pemateri pada kegiatan yang dilaksanakan di ruang kelas SMA Negeri Sukakarya tersebut yakni ketua PWI Musi Rawas, Novi Yansyah dengan tema materi “Jurnalistik Dasar”.

Dikatakan Ketua PWI Musi Rawas, Nopi Yansyah, tujuan diadakan kegiatan ini semata untuk memberikan pengertian, peranan pers termasuk seputar berita dan teknis penulisan yang memenuhi standar pemberitaan yakni 5W 1H.

Pelatihan singkat tingkat dasar ini juga langsung dilakukan praktek penulisan berita oleh peserta. Tak hanya itu selain mendapatkan piagam penghargaan, bagi peserta yang masuk dalam empat besar terbaik, mendapatkan bingkisan dari panitia.

Acara yang dibuka oleh wakil Kepala Sekolah SMA Negeri Sukakarya,  Ida Listiani ini, sangat antusias diikuti  peserta, dibuktikan banyaknya pertanyaan peserta seputar berita dan standar berita, termasuk penulisan berita yang memenuhi kode etik jurnalistik atau 5W 1H.

Untuk peraih nilai tertinggi pada praktek penulisan berita pada pelatihan tersebut yakni Yeni afifiana kelas X.2, disusul Misalara kelas XI.IPS .Kemudian Hesti Mardiana kelas XI.IPA, dan Endjhel Ferera kelas X.1.

Dikatakan Novi yansyah dalam sambutanya, kegiatan ini untuk mendidik siswa mengetahui dan menerapkan jurnalistik di lingkungan sekolah. Mengetahui jenis informasi dan menyaring berita mana yang benar dan berita  hoax.Kemudian diharapkan peserta ikut serta  memberikan info positif dan memberikan pengertian kepada sesama siswa tentang seputar jurnalisme positif. “Kami bangga dengan siswa peserta SMA Negeri Sukakarya yang proaktif, diskusi tanya jawab semakin hidup dan semarak. Semoga usai pelatihan ini mereka dapat menerapkan dilingkungan sekolahnya,” kata Novi.

Sementara wakil Kepala Sekolah Ida Listiani menyambut baik terlaksananya acara pelatihan tersebut dan sangat berterima kasih kepada PWI Musi Rawas yang telah melaksanakan kegiatan ini.

“Berharap dengan bekal ilmu dari pelatihan ini, siswa dapat menerapkan di sekolah dalam bentuk majalah dinding (mading),” katanya.( rilis/PWI)