Wujudkan Mura Cerdas, Pemkab Mura Sediakan Bus Pelajar

MUARABELITI- Tahun ini Pemerintah Kabupaten Musi Rawas menyediakan Empat unit bus pelajar siap beroperasi.
Disediakan bus pelajar itu salah satunya untuk merealisasikan visi misi Bupati Mura dalam mewujudkan Musi Rawas cerdas.
Keempat unit bus pelajar itu sudah diserahkan kepada dinas pendidikan Musi Rawas.
Sekretaris Dinas Pendidikan Musi Rawas, H Irwan Evendi diruang kerjanya,Kamis, (28/12) mengatakan, pengoperasian bus pelajar itu tinggal menunggu petunjuk dan arahan dari Bupati Musi Rawas.
“Pengoperasiannya tinggal menunggu petunjuk dan arahan bapak bupati, terkait trayeknya di kecamatan mana, serta apakah nanti diserahkan kepihak kecamatan, kita minta arahan dari beliau,” katanya.
Dikatakan Irwan, Disdik mengajukan rancangan terkait teknis pengoperasiannya nanti kepada bupati, termasuk terkait trayek atau kecamatan mana yang didahulukan .
Seyogyanya jelas Irwan, satu kecamatan minimal memiliki satu bus pelajar.Namun dikarenakan minimnya anggaran, pengadaan bus pelajar baru direalisasikan dimulai tahun ini sebanyak empat unit dari APBD Musi Rawas.
“Ini merupakan harapan pak bupati untuk mewujudkan Musi Rawas cerdas.Meski dengan keterbatasan dana, tapi beguyur untuk menyediakan bus pelajar.Dengan bertambahnya empat unit bus pelajar ini, bearti Musi Rawas telah memiliki enam unit kendaraan.Dua unitnya merupakan CSR perusahaan jenis starwagon dan engkel,” jelasnya.
Pengadaan bus pelajar ini jelas Irwan, merupakan program nasional dalam mencerdaskan anak bangsa serta meminimalisir terjadinya kecelakaan dikalangan pelajar.Menurut data yang ada
kecelakaan lalu lintas banyak terjadi dari kalangan pelajar.Sehingga harus dibatasi anak ke sekolah membawa kendaraan pribadi.
“Salah satunya solusinya, menyediakan angkutan pelajar.Selain menghindari kecelakaan, tujuannya agar pelajar tepat waktu sampai dan pulang sekolah,” katanya.(fir)