Pemanfaatan Dana Desa Harus Tepat Sasaran dan Transparan

MUSIRAWAS- Bupati Musi Rawas, H. Hendra Gunawan menekankan kepada pemerintah desa agar pemanfaatan dana desa harus tepat sasaran dan bermanfaat untuk kemajuan desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Penekanan ini disampaikan H. Hendra Gunawan saat mengunjungi dan menggulir program Akrab Bina Desa, di Desa Air Satan, Kecamatan Muara Beliti,Rabu,(17/01).
Dikatakannya program Akrab Bina Desa ini bertujuan terjalinnya komunikasi yang baik dan sejalan antara pemerintah desa, kecamatan dan Kabupaten, sehingga pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan sejalan serta sesuai dengan apa yang diharapkan.

Hendra menambahkan, dalam melaksanakan pembangunan harus melalui proses Perencanaan (Planning), Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi, sehingga pamanfaatan dana desa yang telah digulirkan oleh Presiden Jokowi ini dapat berjalan dengan baik dan benar.
Selain itu, Bupati juga mengharapkan dalam pemanfaatan dana desa dan pelaksanaan program-program desa terus disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui dan ikut serta.
Selain itu, diharapkan juga melibatkan masyarakat khususnya kaum perempuan seperti pelibatan Tim Penggerak PKK Desa.
“Pengelolaan dana desa harus terbuka dan transparan untuk mencegah terjadinya penyelewengan, terlagi pada tahun 2018 ini, pengelolaan dana desa langsung diawasi penegak hukum,” katanya.
Dikatakan dia, jika nantinya ada penyelewengan maka akan langsung ditindak penegak hukum.
Untuk itu jelas Bupati, diharapkan agar pengelola dana desa dapat dijalankan dan dimanfaatkan dengan baik dan benar.
(Rilis kominfo dan statistik Mura)