Komplotan Pencuri Enam Ton Buah Sawit Ditangkap

MUARALAKITAN-Empat orang diduga pencuri buah kelapa sawit sebanyak Enam ton milik PT Pratama Palm Abadi (PPA) ditangkap personil Polsek Muara Lakitan dibantu anggota Brimob.
Selain menangkap keempat pelaku, polisi juga mengamankan Enam Ton kelapa sawit, Tiga unit kendaraan roda empat jenis L.300 dan Tojok (alat pengangkut buah kelapa sawit, yang diamankan dari lokasi lahan inti perkebunan milik PPA, sekitar pukul 16.00 WIB, Kamis (18/01) di Desa Prabumulih I, Kecamatan Muara Lakitan.
Penangkapan terhadap pelaku setelah pihak Polsek Muara Lakitan mendapat laporan dari asisten legal perusahaan PPA, Efri Susanto .
Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro mengatakan, keempat pelaku ditangkap tanpa perlawanan, lalu dibawa ke Mapolsek Muara Lakitan guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Keempat tersangka masing masing Arbiyanto, berperan sebagai orang yang menyuruh memanen sekaligus mengawasi.Kemudian Haris dan Mulhaka berperan sebagai pengangkut buah merangkap sopir, dan Herman sebagai pengangkut buah.
Dikatakan Kapolres, saat pelapor melaporkan kasus dugaan pencurian dilakukan keempat pelaku, pelapor sudah menemukan kurang lebih Enam ton buah kelapa sawit berada di atas Tiga unit kendaraan jenis L.300 yang digunakan pelaku untuk mengangkut buah sawit di lahan inti milik PT PPA diblok P31ABC dan diblok O31B.
Penangkapan terhadap pelaku saat Kapolsek Muara Lakitan bersama Manajemen PT PPA akan membahas permasalahan plasma yang terjadi antara PT PPA dengan warga masyarakat. Saat melintasi lokasi lahan Inti di Blok P31ABC dan Blok O31B milik PT PPA, rombongan melihat ada warga yg sedang memanen dan memuat buah sawit kedalam mobil Pickup L300 tanpa izin dari PT PPA.
Selanjutnya Kapolsek Muara Lakitan bersama anggota PAM gabungan Polres Brimob dan personil Polsek Muara Lakitan menangkap para pelaku dan langsung dibawa ke Mapolsek guna proses penyidikan lebih Lanjut.(fir)