Isu Demo Saat Pelantikan Kades Tidak Terbukti

MUSIRAWAS- Isu bakal ada demontrasi pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah 7 kepala desa dilingkungan Kabupaten Musi Rawas di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Musi Rawas, Selasa, (30/01) tidak terbukti.
Rencana demo tersebut diduga sengaja dihembuskan oleh pihak tidak puas terhadap hasil salah satu pemilihan kepala desa beberapa waktu lalu.
Namun hingga berakhir acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap 7 kepala desa oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, tidak ada satupun kelompok massa yang melakukan demontrasi.
Camat Tiang Pumpung Kepungut, Dian Chandra saat dikonfirmasi wartawan inilahkito.com sebelumnya membenarkan bakal adanya demo dilakukan pihak yang tidak puas terhadap hasil perhitungan suara salah satu kades yang bakal dilantik tersebut.
” Isunya memang ada demo.Tapi kenyataannya sampai sekarang tidak ada,” katanya.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Musi Rawas, Mefta Joni, menepis isu bakal adanya demo oleh pihak tidak puas tersebut.
Menurut Mefta, jika ada pihak tidak puas terhadap hasil perhitungan suara pemilihan kepala desa, hendaknya jangan sampai demo agar tidak terjadi chaos.
“Tidak ada isu demo.Tapi jika ada yang tidak puas terhadap Pilkades, lebih baik gugat saja asalkan ada bukti bukti yang akurat,” katanya.
Sementara Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan saat mengambil sumpah dan melantik 7 kepala desa tersebut mengatakan dirinya tidak akan memberi ampun kepada kepala desa yang terlibat narkoba.
Dia juga berpesan agar kades yang sudah dilantik segera berkonsolidasi kembali,karena proses demokrasi sudah berjalan.
“Beda pendapat saat pesta demokrasi adalah hal biasa, untuk itu ajak para tokoh dan sesepuh bersatu kembali,” katanya.
Dikatakan Hendra, berdirinya negara modalnya karena bersatu padu dan gotong royong.
Selain itu dia juga mengingatkan agar dana desa yang dikelola tepat sasaran.
Sementara 7 kepala desa yang dilantik dan diambil sumpahnya tersebut yakni Kepala Desa Muara Kati Baru 2,Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut, Kepala Desa Rantau Ali,Kecamatan Sukakarya,Kepala Desa Kosgoro,Kecamatan STL Ulu Terawas, Kepala Desa Taba Tengah, Kecamatan Selangit, Kepala Desa Kalibening, Kecamatan Tugumulyo,Kepala Desa Surodadi, Kecamatan Tugumulyo dan Kepala Desa Batu Gane,Kecamatan Selangit.(fir)