UKK Imigrasi Musi Rawas Diresmikan

MUSIRAWAS-Direktur Jendral Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Dr Ronny F Sompie meresmikan Unit Keimigrasian Kantor (UKK) Imigrasi Kelas II Muara Enim di Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas, Senin (29/01).
Dengan diresmikannya UKK Imigrasi ini, pelayanan keimigrasian seperti salah satunya pembuatan dan pergantian paspor bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dapat dilayani di UKK Imigrasi Muara Beliti.
UKK Imigrasi yang baru diresmikan ini bukan saja untuk melayani kebutuhan warga Musi Rawas,tapi juga bagi warga Kota Lubuklinggau, Kabupaten Muratara, Empat Lawang, Kota Pagaralam, Rejang Lebong, Lebong, Surolangun dan Merangin Jambi serta daerah tetangga lainnya.
Selain itu, kehadiran UKK Imigrasi ini juga untuk memudahkan bagi perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja asing (WNA), sehingga keberadaan WNA ini dapat terus diawasi dan dilayani baik untuk pemberian dan perpanjangan izin tinggal WNA.
Direktur Jendral Imigrasi Kemenhumkam RI, Ronny F Sompie, usai peresmian mengatakan, dipilihnya Kabupaten Musi Rawas untuk dibangun UKK Imigrasi karena letak kabupaten ini strategis.
Dikatakan Ronny mengapa Kahupaten Musi Rawas yang dipilih? Karena letak Musi Rawas strategis, sehingga untuk menampung masyarakat dari kabupaten lain tidak terlampau jauh.
“Dengan adanya UKK Imigrasi di Musi Rawas, kabupaten yang jauh dari Muara Enim bisa ke Musi Rawas,” katanya.
Selain itu jelas Ronny, dipilihnya Musi Rawas, karena kabupaten ini bersedia untuk membangun UKK Imigrasi di daerahnya.
Sementara itu, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan sebelumnya menuturkan, kehadiran UKK Imigrasi di Musi Rawas merupakan salah satu bentuk upaya Pemkab Mura dan Dirjen Imigrasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara, Empat Lawang, Pagaralam, Bengkulu dan Jambi. Bupati mengharapkan dengan berdirinya UKK Imigrasi Kelas II Muara Enim di Musi Rawas ini dapat dimanfaatkan masyarakat dalam memenuhuhi kebutuhan dokumen keimigrasian.(fir)