Tipu Korban Rp 25 Juta, Habiburohman Terancam Penjara

MURATARA-Diduga melakukan penipuan dan penggelapan sebesar Rp 25 Juta, Habiburohman (43) diamankan anggota Reskrim Polsek Muara Rupit, Jum’at ( 02/02).
Penangkapan terhadap warga Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Kota Lubuklinggau ini setelah pihak Polsek Muara Rupit mendapat laporan dari korban Hairil Anwar (40 ) warga Desa Pantai, Kecamatan Muara Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara.
Modus dilakukan pelaku menipu korban bermula pada Selasa, 24 Oktober 2017 sekira pukul 10.00 wib lalu, pelaku bertamu ke rumah korban dan menyampaikan bahwa pelaku dan temannya sedang membutuhkan uang untuk menyuplai bahan material berupa batu untuk pengerasan jalan sebesar Rp 25 juta.
Pelaku berjanji akan mengembalikan uang milik korban secepatnya sesuai kesepakatan kedua pihak.
Merasa sudah saling mengenal, korban menyanggupi untuk memberikan pinjaman kepada pelaku.
Namun setelah beberapa kali dijanjikan, pelaku juga tak kunjung mengembalikan uang milik korban.
Bahkan sampai dengan perjanjian terakhir akan dikembalikan selambat-lambatnya 15 Januari 2018, pelaku tidak juga menepati janjinya dan selalu menghindar dari korban dengan berbagai alasan.
Karena tidak ada itikad baik dari pelaku untuk bertanggungjawab, maka korban melaporkannya ke pihak kepolisian untuk diproses sesuai hukum berlaku.
Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro melalui Kapolsek Muara Rupit mengatakan,setelah pihaknya mendapat informasi bahwa pelaku telah kembali ke rumahnya, anggota unit Reskrim Polsek Rupit dipimpin kanit Reskrim berhasil mengamankan pelaku dirumahnya tanpa perlawanan.
Setelah dilakukan pemeriksaan intensif, pelaku mengakui perbuatannya dan mengalami kesulitan untuk melunasi pinjamannya sampai batas waktu yang telah disepakati.
“Diakui pelaku bahwa uang tersebut sudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya serta untuk membayar utang,” kata Kapolsek.(fir)