Jokowi : Sebagai Pilar Keempat, Peran Pers Tak Tergantikan

PADANG-Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ( Jokowi ) menegaskan sebagai pilar keempat, peran pers tak akan tergantikan meskipun dalam lima tahun terakhir pers dianggap sulit bersaing dengan media sosial dan media digital.

Hal ini dikatakan Presiden Jokowi saat menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2018 di pantai Cimpago, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat,Jumat (9/2/18).

“Pers makin diperlukan untuk menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran, pers makin diperlukan sebagai pilar penegak fakta-fakta. Pers makin diperlukan sebagai pilar penegak aspirasi-aspirasi yang ada di masyarakat,” katanya.

Dia juga Presiden meyakini peran penting pers untuk membangun narasi-narasi kebudayaan dan peradaban baru Tanah Air. Apalagi saat ini teknologi berkembang dengan begitu cepat dan tidak bisa dihindari.

“Pers makin diperlukan untuk turut membangun narasi-narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru, memotret masyarakat yang bergerak semakin cepat dan semakin efisien yang sekarang melahirkan era revolusi industri 4.0 yang berbasis kepada digitalisasi, kekuatan komputasi, dan analitik data,” ucapnya.

Dihadapan sejumlah menteri dan para duta besar berbagai negara, Jokowi menaruh harapan besar kepada pers Indonesia agar semakin inovatif dan optimis dalam melahirkan produk jurnalistik yang berkualitas untuk masyarakat.(fir)