Camat dan Kabag Ikuti Job Fit

MUSIRAWAS-Janji Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan untuk rutin menggelar Job Fit bagi pejabat dibayar tuntas.

Tepatnya setelah akhir bulan lalu, 33 pejabat pimpinan tinggi pratama (Pejabat Eselon II) mengikuti Job Fit, giliran pejabat eselon 3 atau pejabat administrator mengikuti tahapan evaluasi tersebut.

Kepala BKPSDM Mura H Rudi Irawan menyampaikan sebanyak 28 pejabat administrator akan mengikuti Job Fit.

“Setelah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, sesuai arahan Bupati kita juga melakukan Job Fit bagi pejabat administrator yang akan dilakukan secara bertahap. Dijadwalkan jobfit akan dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa dan Rabu (20-21/2),” kata H Rudi Irawan, Minggu, (18/02).

Dikatakan Rudi, Job Fit akan diikuti 28 pejabat administrator terdiri 14 Camat, 11 Kepala Bagian (Kabag ) di Sekretariat Daerah dan tiga Kabag di Sekretariat DPRD (Setwan).

Seperti sebelumnya, Tim Penilai Job Fit adalah pihak yang memang berkompeten sehingga bisa melaksanakan tugasnya dengan kompeten.

Sementara itu Bupati Mura H Hendra Gunawan mendukung dan memang meminta agar Job Fit menjadi kegiatan rutin bagi pejabat.

Menurut Bupati, metode Job Fit sangat bagus, makanya akan terus dilanjutkan untuk dilaksanakan. Bahkan bukan tidak mungkin Job Fit akan dilaksanakan setiap bulan. “Sebab dengan mengikuti Job Fit banyak wawasan yang akan didapatkan para pejabat. Jadi semuanya akan lebih terbiasa untuk menghadapi sesuatu hal khususnya penilaian dan evaluasi dalam berbagai hal yang lebih spesifik. Jangan sampai, menghadapi professor nanti malah ketakutan sehingga terkesan gerogi,” kata Bupati.

Job Fit sendiri menurutnya dilaksanakan lebih kepada untuk peningkatan SDM, pemicu belajar bagi pejabat.

“Jadi kembali saya pertegas
Job Fit bukan alat untuk mutasi tapi memang untuk sarana belajar. Membentuk SDM yang lebih handal dan makin bisa untuk berinovasi. Makanya kita berikan keleluasan bagi tim Job Fit sehingga hasilnya juga maksimal,” katanya.

Bupati Hendra menambahkan, hasil Job Fit tersebut tim memberikan semacam rekomendasi terhadap masing-masing pejabat. Rekomendasi diberikan berdasarkan ring nilai yang didapatkan pejabat. Dari sini akan terlihat mana pejabat yang memang memiliki kemampuan mana yang hanya menginginkan jabatan.

“Jangan seperti ungkapan cempedak bawah batang cabe rawit, ado kendak baru datang bawak duit,”katanya. (fir)