Tanamkan Sejak Dini pada Anak, Polisi Adalah Sahabat

Sat Lantas Polres Mura Gelar Giat Polisi Sahabat Anak

MUSIRAWAS- Guna mengenali tata cara berlalu lintas yang baik sejak dini, serta menghilangkan kesan polisi ditakuti anak-anak, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Musi Rawas melaksanakan giat Polisi Sahabat Anak,Selasa, (20/02).

Kegiatan ini disosialisasikan oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Musi Rawas Aipda Hendra Napitupulu, kepada murid TK Pembina, orang tua siswa, dan ibu guru TK Pembina Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas.

Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro, melalui Kasat Lantas AKP Budi H Sutrisno, membenarkan adanya kegiatan Polisi Sahabat Anak ini.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan upaya mendukung program Kapolri yaitu Progam Promoter.

Dalam sosialisasi ini diisi dengan kegiatan pepustakaan keliling dan mengenalkan tata cara berlalu lintas yang baik di jalan lintas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menghilangkan rasa takut anak – anak terhadap polisi, karena terkadang orang dewasa menakut-nakuti anak dengan menggunakan polisi. Padahal sebenarnya polisi merupakan aparatur negara yang tidak harus ditakuti melainkan dijadikan sahabat,” kata Kasat Lantas.

Dalam kegiatan tersebut, Sat Lantas Polres Musi Rawas memberi pengetahuan tentang tertib berlalu lintas di jalan raya dan tugas-tugas Kepolisian yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Tujuannya untuk menambah wawasan murid-murid tentang Kepolisian, mendekatkan kepada polisi, dan sedini mungkin memberikan wawasan tata tertib berlalu lintas serta mengetahui tugas- tugas polisi ditambah juga menghilangkan adanya rasa takut anak- anak terhadap polisi.

Dijelaskan Kasat, dengan adanya kebiasaan orang dewasa menakuti anak- anak dengan mengembel – embeli dengan kata polisi, membuat kesan anak terhadap polisi menjadi seperti penjahat, dan itu akan tertanam di pola pikir anak tersebut.

” Hal tersebut lah yang ingin diubah oleh Kepolisian karena polisi merupakan sahabat anak yang tidak menakutan,” katanya.

Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak semakin dekat dengan polisi dan merubah pola pikir anak-anak tidak takut dengan polisi.(fir)