Baru 74 Persen Rumah Di Wilayah Pelayanan Puskesmas C Nawangsasi Miliki Jamban

MUSIRAWAS -Hingga saat ini baru tercatat 5.558 rumah masyarakat yang telah memiliki jamban di wilayah pelayanan Puskesmas C Nawangsasi, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas.

Informasi ini disampaikan Kepala Puskesmas C Nawangsasi, dr Iqbal El Husni, saat memberikan laporan pada acara Gerakan Musi Rawas Sehat Sempurna, Kamis (01/03) di Puskesmas C Nawangsasi yang dihadiri langsung Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan.

Dikatakan Iqbal, Puskesmas C Nawangsasi ini melayani 11 dari 17 desa di Kecamatan Tugumulyo, dengan jumlah penduduk sebanyak 31.056 jiwa.

” Saat ini program jambanisasi di 11 desa dalam wilayah pelayanan Puskesmas C Nawangsasi baru terealisasi 74 persen atau baru sebanyak 5.558 rumah yang memiliki jamban,” katanya.

Dia memastikan program jambanisasi ini akan rampung 100 persen pada Mei 2018 mendatang.

Sementara Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, menyambut baik progres program Jambaniasasi di wilayah Tugumulyo ini.

Dia berharap seluruh kecamatan dan desa juga dapat segera menuntaskan program ini.

“Dengan meningkatnya pembangunan jamban di setiap rumah warga, ini membuktikan bahwa program ini disambut baik, serta masyarakat telah memiliki kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan,” katanya.

Dijelaskan Hendra, jamban ini penting dimiliki setiap rumah, karena jamban merupakan tempat membuang kotoran manusia, yang tentunya sangat penting dijaga kebersihan dan kesehatannya baik terhadap manusia, lingkungan sekitar maupun alam.

“Selama ini kita sedikit melupakan pentingnya jamban sehat, padahal konsep jamban sehat itu sendiri tidaklah mahal, sederhana, aman, nyaman dan tidak mengotori manusia, lingkungan sekitar maupun alam,” katanya.

Untuk itu, Dia mengajak seluruh masyarakat Musi Rawas untuk memulai hidup sehat dengan membuat jamban rumah tangga, memanfaatkan perkarangan dengan menanam tanaman produktif, menanam tanaman penghijauan, membuang sampah pada tempatnya serta lainnya.

” Jika kita peduli terhadap lingkungan sehat, maka tubuh kita akan terus sehat dan menjadikan generasi yang akan datang menjadi generasi yang sehat dan pada akhirnya daerah ini akan terus maju dan berkembang sehingga kesempurnaan dapat terwujud,”katanya.(IK)

Editor : Firmansyah Anwar