Debat Publik Cawako dan Cawawako Lubuklinggau Sukses

LUBUKLINGGAU- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubukkinggau sukses menggelar debat publik calon walikota dan wakil walikota periode 2018-2023, Selasa(13/3).

Hadir pada acara debat publik yang berlangsung di gedung Bagas Raya, Lubuklinggau itu ketiga pasangan calon beserta 150 pendukung masing-masing paslon.

Turut hadir juga Penjabat (Pj) Walikota Lubuklinggau, Sekda Lubuklinggau, Dandim 0406 MLM, Kapolres Lubuklinggau, Kajari Lubuklinggau, unsur muspida, camat, lurah, dan stakeholder lainnya.

Ketua KPU Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan diselenggarakannya debat publik ini merupakan media pasangan calon untuk memaparkan visi, misi dan program kerjanya kepada khalayak umum, terkhusus bagi masyarakat Lubuklinggau yang akan memilih pemimpinnya.

Selain itu, debat kandidat ini merupakan tahapan dalam Pemilukada Kota Lubuklinggau.

Pelaksanaan debat publik ini juga untuk menarik simpati masyarakat agar memilih pada 27 Juni 2018 mendatang, dan sebagai salah satu upaya untuk memberikan pendidikan politik pada masyarakat.

Dikatakan Efriadi, melalui Pilkada Kota Lubuklinggau tahun 2018 ini, diharapkan bisa melahirkan pemimpin daerah yang benar benar memiliki komitmen tinggi dalam mensejahterahkan rakyat dan memajukan daerah.

Efriadi juga mengajak seluruh pasangan calon dan pendukungnya agar bersama-sama menyukseskan Pilkada kota Lubuklinggau tahun 2018, dengan menjaga keamanan dan ketertiban serta menanamkan mental siap menang dan siap kalah.

” Siapapun terpilih menjadi Walikota dan wakil Walikota Lubuklinggau 2018 adalah pemimpin Lubuklinggau lima tahun kedepan,” katanya.

Sementara untuk menjaga keamanan jalannya debat kandidat, ratusan aparat kepolisian Polres Kota Lubuklinggau disiagakan di lokasi debat publik.

Selain mengundang presenter
TV swasta, Zilvia Iskandar sebagai moderator, pada debat publik yang dikemas dalam empat segmen itu, KPU Lubuklinggau juga mengundang tiga panelis nasional yakni, mantan penasehat KPK, Abdullah Hehamahua, Dekan Fakutas Hukum Unsri, DR Febrian, Mantan Wakil Menteri Hukum, HAM RI, Prof. Denny Indrayana.

Pada segmen pertama, paslon diberikan waktu untuk menyampaikan visi dan misi, dilanjutkan segmen kedua, panelis  bertanya kepada paslon.

Sementara pada segmen ketiga, panelis secara langsung bertanya ke masing-masing paslon, dan segmen ke empat paslon saling bertanya dan mengeksplore jawabannya atas pertanyaan yang diajukan paslon lainnya.

Sebagaimana diketahui, KPU Lubuklinggau telah menetapkan tiga pasangan calon walikota dan wakil walikota Lubuklinggau yakni pasangan nomor urut 1, H Toyeb Rakembang dan Sofyan, pasangan nomor urut 2, H Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar, pasangan nomor urut 3, Rustam Efendi dan Riezky Aprilia .

Saat debat publik berlangsung tampak masing masing pendukung dengan penuh semangat menerikan yel yel.
(adv)

Editor : Firmansyah Anwar