KPU Mura Deklarasikan Tolak Berita Hoax

MUSIRAWAS-Guna mewujudkan Pilkada damai dan demokratis, bukan hanya tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU) melainkan seluruh pihak diharapkan berperan aktif untuk mendorong terciptanya pesta demokrasi yang berintegritas .

Untuk mewujudkan Pilkada damai,demokrasi dan berintegritas, salah satunya tidak mudah percaya dengan informasi atau berita yang belum dipastikan kebenarannya, apalagi berita palsu atau hoax yang mengandung unsur SARA dan dapat memecah belah umat.

Menyikapi itu Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Musi Rawas beserta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Musi Rawas mendeklarasikan tolak berita hoax, Senin, (09/04).

Deklarasi berita hoax ini dipimpin Divisi SDM dan Partisipasi KPU Mura Dasril Ismail disaksikan pihak Polres Musi Rawas berlangsung di ball room Hotel Smart, Lubuklinggau.

“Kami penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan, menyatakan menolak berita hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa serta mendukung penegak hukum menindak tegas penyebaran berita hoax ,” ujar Dasril dengan suara lantang yang langsung diikuti oleh jawaban Setuju oleh sekitar 600 peserta.

Kepada murasempurna.com usai deklarasi, Dasril Ismail mengatakan, menjelang Pilgub Sumatera Selatan yang dilaksanakan ‎27 Juni 2018, seluruh pihak yang terlibat hendaknya tidak menyebarluaskan berita hoax.

Menurut dia, penyebaran berita hoax dapat menimbulkan kegaduhan dan berdampak negatif serta dapat dipidanakan melalui UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE).

Dia berharap kepada seluruh masyarakat Musi Rawas agar dapat menyaring informasi yang benar dan bermanfaat sehingga cita cita bersama mewujudkan Pilkada damai yang berintegritas di Musi Rawas benar benar terwujud.(IK)

Editor Firmansyah Anwar