Siang Malam Lampu Jalan Menyala

MUSIRAWAS- Lampu jalan di kawasan Kampung Bali dan Desa Bumi Agung Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas menyala siang dan malam.

Belum diketahui pengaturan pemungsian sarana jalan itu apakah menggunakan sistem manual atau menggunakan timer (pengaturan waktu).

Jika menggunakan sistem manual, bearti petugas yang bertugas mengatur stop kontak lampu jalan itu lalai menjalankan tugasnya.Dan jika menggunakan sistem timer, bearti terjadi kerusakan pada alat timernya.

Pantauan inilahkito.com sekitar pukul 09.00 Wib, Senin (16/04), di kawasan antara Desa Bumi Makmur hingga Dusun Kampung Bali, Kecamatan Muara Beliti, puluhan titik lampu jalan menyala pada siang hari.

Kondisi ini sangat berbalik dengan sarana lampu jalan di kawasan Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri yang sama sekali tidak berfungsi.

Kepala Seksi Kelistrikan pada Dinas PU Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PU CKTRP) Musi Rawas Ariansyah sebelumnya mengatakan, pemungsian lampu jalan di Musi Rawas ini menggunakan dua sistem yakni dengan cara manual (stop kontak) yang diatur oleh seorang petugas dari masyarakat desa, dan sistem timer (pengaturan waktu) secara otomatis lampu tersebut menyala sesuai dengan pengaturan waktu yang ditetapkan.

Jika ada lampu jalan yang masih menyala sampai siang hari jelasnya, bisa dilihat sistem digunakan itu menggunakan sistem apa.

” Jika menggunakan sistem manual, bearti petugasnya lalai, dan jika menggunakan sistem timer bearti alatnya rusak,” kata dia.

Diakui Ari, pihaknya tidak mungkin bisa mengontrol lampu jalan yang ada di seluruh Kabupaten Musi Rawas, karena jarak desa yang sangat jauh.

Untuk itu diperlukan kerjasama aparat desa dan masyarakat yang bisa melaporkan langsung kondisi di lapangan kepada pihaknya.

Ari juga mengatakan, jika lampu jalan tersebut berfungsi siang dan malam alias 24 jam, dimungkinkan bola lampu akan cepat rusak dan memerlukan biaya untuk memperbaikinya.(IK)

Editor Firmansyah Anwar