Ratusan Rumah di STL Ulu Terawas Direndam Banjir

MUSIRAWAS- Aktifitas warga khususnya di dua desa di Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas sejak Senin (28/5) kemarin, lumpuh total.

Pasalnya dua desa di kecamatan itu digenangi air setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 60 cm hingga 100 cm.

Genangan air yang masuk ke dalam rumah warga ini disebabkan meluapnya Sungai Dulu dan Sungai Lakitan akibat tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah itu dua hari terakhir.

Akibat banjir itu, sedikitnya tercatat 135 rumah warga terendam air diantaranya 20 KK di Dusun 2 Desa Sukamana dengan ketinggian air mencapai 60 cm.

Kemudian untuk di Dusun 1 Desa Sukamerindu sebanyak 78 KK dan di Dusun 4 Desa Sukamerindu sebanyak 40 KK dengan ketinggian air lebih tinggi mencapai 1 meter.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Musi Rawas Eko Sepriwan didampingi petugas operator Pusdalops Novan, Selasa (29/5) mengatakan, pihaknya telah melakukan kaji cepat terhadap kejadian banjir di Desa Sukamana dan Desa Sukamerindu Kecamatan STL Ulu Terawas ini.

Dari hasil kaji cepat Tim TRC BPBD Kabupaten Musi Rawas, pihaknya berkoordinasi kepihak Dinas Kesehatan untuk mendirikan posko kesehatan sesuai permintaan Kepala Desa setempat. Kemudian jelasnya berkoordinasi dengan Dinas Sosial untuk mendata jumlah KK yang terdampak banjir dan segera menurunkan bantuan logistik.

“Usulan kades setempat agar tim kesehatan mendirikan posko di titik banjir telah dikoordinasikan ke dinas kesehatan.Begitu juga dinas sosial agar mendata jumlah KK korban banjir dan menurunkan logistik telah kami koordinasikan ke dinsos,” kata Eko.(sumber ben/MS/IK)

Editor : Firmansyah Anwar