Santuni Puluhan Anak Yatim. Bupati : Marga Baru Patut Dicontoh 186 Desa di Mura

MUSIRAWAS- Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan memberikan santunan sedikitnya kepada 41 anak yatim di Desa Marga Baru Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas.

Santunan ini diserahkannya secara langsung saat dirinya bersilaturahim dengan jamaah Masjid Jami’ Baiturrahman Desa Marga Baru, sekaligus buka puasa bersama dan sholat maghrib, isya dan taraweh berjamaah, Selasa (12/6).

Bupati yang hadir didampingi Sekwan DPRD Kabupaten Mura, Amir Hamzah, Kabag Kesra Muhammad Yusran, Camat Muara Lakitan Frewan Novio, staf Diskominfo dan Informatika serta staf Humas Setda Mura itu juga didaulat untuk menyerahkan 41 ternak kambing kepada anak yatim di desa yang dicanangkan sebagai desa santri ini.

Bupati Hendra Gunawan usai Sholat Maghrib berjamaah dalam sambutannya mengaku bangga dan bahagia, atas antusias warga yang tetap semangat khususnya dalam menjalankan perintah agama pada bulan ramadhan ini.Diakuinya masyarakat Kabupaten Musi Rawas sudah menunjukkan kemajuan yang signifikan terutama dalam bidang keagamaan.

Dikatakan bupati, kunjungannya ke Desa Marga Baru ini diluar jadwal kegiatan safari ramadhan resmi Pemkab Musi Rawas yang telah berakhir Jum’at (8/6) lalu.Tujuannya tidak lain untuk menjalin silaturahim kepada masyarakat dan meningkatkan hubungan sesama manusia (Hablumminannas).

“Apapun keinginan masyarakat dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Insyaallah akan terus diupayakan,” kata Hendra.

Bupati juga mengaku bangga kepada Desa Marga Baru karena tingginya tingkat kesadaran masyarakatnya dalam menyantuni anak yatim.Artinya, program Musi Rawas bersadaqoh di desa ini telah berjalan sukses dan sesuai harapan.

“Saya berharap apa yang telah dilakukan desa ini menjadi contoh bagi 186 desa yang ada di Kabupaten Musi Rawas,” harapnya.

Untuk diketahui, melalui program Musi Rawas bersadaqoh yang telah dijalankan desa ini, setidaknya telah merangsang masyarakatnya memiliki kesadaran tinggi untuk bersadaqoh dan menyantuni anak yatim. Di tahun ketiga menjalankan program Musi Rawas bersadaqoh, Desa Marga Baru telah mampu menyantuni anak yatim bukan saja uang tunai tapi berupa ternak kambing untuk diternakkan anak yatim.

Dikatakan Kades Marga Baru Kecamatan Muara Lakitan, Muttahidin, program Musi Rawas bersadaqoh di desanya telah berjalan memasuki tahun ketiga.
Pada tahun pertama dan kedua pelaksanaannya, anak yatim di desa itu disantuni dengan uang tunai saja.

Namun pada tahun ketiga ini jelas kades, panitia penyantun anak yatim telah mampu mengumpulkan uang ratusan juta sehingga mampu menyantuni setiap anak yatim sebesar Rp 2 juta.

Agar uang santunan ini dapat menjadi usaha bagi anak yatim di desa itu, sebagian uang santunan ini dibelikan kambing dan sisanya diserahkan kepada yang berhak menerimanya.

“Besaran santunan tahun ini sebesar Rp 2 juta untuk masing-masing anak yatim.Uang ini kita belikan kambing dengan harga yang bervariasi.Misalnya satu ekor kambing harganya Rp 800 ribu, bearti kita berikan sisa uangnya Rp 1,2 juta, sehingga genap satu anak yatim disantuni sebesar Rp 2 juta,” kata kades.

Sementara ketua panitia penyantun anak yatim, Rohmad Bidin mengucapkan terimakasih kepada Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan yang secara langsung turut memberikan bantuan kepada 41 anak yatim di desa ini.

” Kami ucapkan terimakasih kepada bapak bupati, yang telah memberikan tambahan bantuan untuk menyantuni anak yatim di desa kami,” ucapnya.(sumber murasempurna.com)

Editor : Firmansyah Anwar