90 Orang Asing Keluar Masuk Musi Rawas

MUSIRAWAS- Perusahaan yang mempekerjakan orang asing tapi tidak melapor ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) bakal dikenakan sanksi tegas.

Hal ini dikatakan Kadisnakertrans Musi Rawas H Burlian saat dikonfirmasi wartawan inilahkito.com, Kamis (12/7).

Selain memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak melapor TKA nya jelas Burlian, pekerja asing yang melanggar aturan ini langsung di deportasi.

Dia mengatakan saat ini jumlah pekerja asing menetap di Musi Rawas sebanyak delapan orang, sementara yang tidak menetap mencapai 90 orang lebih.

“Meski tidak menetap, 90 an tenaga kerja asing ini harus melapor dan menggunakan visa kerja, bukan visa kunjungan.Jika kedapatan mereka menggunakan visa kunjungan, akan di deportasi,” jelas Burlian.

Burlian juga mengatakan, pihak Disnakertrans hanya berwenang mendata TKA yang bekerja di perusahaan beroperasi di Musi Rawas secara berkala, kemudian dilaporkan kepada bagian pengawasan Disnakertran Provinsi Sumatera Selatan.

“Sementara untuk pemantauan TKA, diketuai kepala kantor imigrasi tingkat dua Muara Enim cabang Musi Rawas,” kata dia.

Burlian berharap kepada TKA terutama pihak perusahaan yang mempekerjakan orang asing, setiap bulan melaporkan kondisi TKA nya ke pihak Disnakertran.

“Harapan kita kepada perusahaan yang mempekerjakan TKA baik menetap maupun tidak, memberikan laporan setiap bulannya,” kata dia.(fir/IK)