Pencuri Diringkus Saat Ambil Uang Tebusan

MURATARA- HA (38) warga Kampung VI Desa Bumi Makmur Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Musi Rawas Utara tak berkutik saat polisi meringkusnya sekitar pukul 14.35 WIB, Rabu (11/7).

Pria berprofesi sebagai petani ini diringkus saat akan mengambil uang tebusan satu unit HP yang dicurinya di Desa Jadi Mulya Kecamatan Nibung Kabupaten Muratara.

Kasus pencurian ini terjadi Rabu (11/7) sekitar pukul 04.00 WIB.

Modus operandi dilakukan pelaku dengan cara mencongkel jendela samping rumah korban Samiaji.

Setelah berhasil membuka jendela, pelaku masuk ke dalam rumah dan langsung mengambil satu unit HP merk samsung type J2 warna silver milik korban.

Diduga tidak bisa membuka kunci pola HP, pelaku membawa HP hasil curian itu ke sebuah counter HP di wilayah Singkut Sarolangun Jambi agar bisa membuka paswordnya.

Kakak korban yang mengetahui adiknya menjadi korban pencurian langsung melaporkan kasus pencurian ini ke Polsek Nibung, dengan harapan pelakunya tertangkap.

Setelah petugas Polsek Nibung menerima laporan kakak korban, Kapolsek langsung memerintahkan Kanit Reskrim dan Kanit Intelkam bersama anggotanya melakukan pengecekan keberadaan HP milik korban dengan cara cek pos.

Dari hasil pengecekan itu diketahui HP milik korban berada di sebuah counter di wilayah Singkut Sarolangun Jambi.

Tanpa membuang waktu, anggota Reskrim dan Intelkam langsung menuju counter HP, dan didapati HP milik korban ada di counter itu.

Dari keterangan pemilik counter, HP itu milik pelaku yang meminta kepadanya untuk diservis atau dibuka kunci pola HP.

Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro membenarkan HA ditangkap karena kasus pencurian HP.

Dikatakannya, pelaku diringkus ketika akan mengambil uang transfer dari pelapor yang dimintanya sebagai uang tebusan.Saat diringkus, petugas juga menemukan dua buah kunci T dan obeng di dalam tas milik pelaku.

“HA berikut barang bukti berupa satu unit HP milik korban diamankan di Mapolsek Nibung, guna penyidikan lebih lanjut,” katanya.(fir/IK)