Penganiaya Petani Ini Diringkus di Provinsi Jambi

MURATARA- AM (35) warga Desa Pantai Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara berhasil diringkus anggota unit Reskrim Polsek Rupit, Sabtu (21/7).

Pelaku kasus dugaan penganiayaan disertai pengeroyokan terjadi 05 Mei 2018 lalu itu diringkus di Kabupaten Bangko Provinsi Jambi.

Aksi penganiayaan dan pengeroyokan dilakukan AM bersama Empat pelaku lainnya ( masih buron,red) terhadap korban Darmaji (38) warga Desa Pantai Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara ini bermula dari masalah hutang.

Kronologisnya berawal korban
pada Jum’at (04/5) sekitar pukul 10.25 WIB pergi ke kebun.

Ditengah perjalanan, korban bertemu AM dan terlibat percakapan tentang mobil milik pelaku ID yang dijadikan jaminan hutang.

Saat itu AM menjelaskan kepada korban, bahwa mobil milik ID sudah ditarik pihak leasing, dan uang mukanya sudah diambil kembali oleh ID dan pelaku RL.

Mendengar penjelasan itu, korban mengurungkan niatnya pergi ke kebun dan langsungb menuju rumah ID guna memastikan informasi disampaikan AM, sekaligus berniat menagih hutang kepada pelaku.

Namun saat di rumah ID, korban tidak menemukannya alias tidak berada di tempat. Karena tidak bertemu dengan ID, korban pun melampiaskan kekesalannya dengan marah-marah sambil memperlihatkan parang yang dibawa korban kepada keluarga ID.

Sementara ID, mendengar informasi bahwa korban marah-marah sambil memperlihatkan parang kepada keluarganya, langsung naik pitam dan berusaha mencari korban.

Akhirnya kedua belah pihak dipertemukan disalah satu rumah perangkat desa setempat untuk menjelaskan permasalahan serta mencari solusinya.

Namun tiba – tiba datanglah pelaku AM yang langsung menyerang korban diikuti pelaku lainnya menggunakan sebilah parang.Selain disabet menggunakan senjata tajam, korban juga dipukul serta ditendang oleh AM Cs.

Akibat kejadian itu, korban mengalami luka di bagian tangan dan lengan akibat sabetan sajam.Selain itu luka lebam disejumlah bagian tubuhnya sehingga korban sempat dievakuasi ke RSUD Rupit guna mengobati luka-lukanya.

Usai melakukan pengeroyokan, kelima pelaku melarikan diri termasuk AM yang diinformasikan telah menetap di Kabupaten Bangko Provinsi Jambi.

Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro membenarkan pihak Polsek Rupit telah mengamankan satu dari Lima pelaku penganiayaan terhadap korban.

Penangkapan terhadap AM jelas Kapolres, setelah pihak Polsek mengetahui keberadaan AM berdasarkan hasil lidik.

“Setelah mengetahui keberadaan pelaku, Kanit Reskrim Polsek Rupit bersama aggota melakukan penangkapan di rumah pelaku. AM berhasil diamankan tanpa perlawanan,” katanya.

Sementara pelaku lainnya yakni ,WA ,RL, ID dan YE, masih dalam pengejaran pihak kepolisian.(fir/IK)