Lagi, 15 Anggota Koperasi Korpri Mura Minta Kembalikan Uang Simpanan

MUSIRAWAS – Sebanyak 15 Anggota Koperasi Korpri Kabupaten Musi Rawas mengajukan surat mengundurkan diri.

Mereka juga mendesak agar pengurus koperasi segera mengembalikan simpanan pokok dan simpanan wajib.

Pengunduran diri anggota Koperasi Korpri ini berdasarkan Surat dari Badan Pusat Statistik tempat mereka bekerja ditandatangani Kasubag TU dan diketahui Plt BPS Mura, Nomor; B-13 BPS1605/9281/8/2018 tertanggal 8 Agustus 2018 Prihal permintaan pengembalian uang anggota Koperasi Korpri Musi Rawas.

Dalam surat ditujukan kepada Ketua Koperasi Korpri Kabupaten Musi Rawas ini, terungkap bahwa surat pengunduran mereka sudah dua kali dilayangkan, yakni bulan Januari 2018 dan Juli 2018.Namun pengajuan mereka ini belum mendapatkan respon dari pengurus.

Menanggapi hal ini, Sekertaris Koperasi Korpri Kabupaten Musi Rawas, Arief Candra, Minggu (12/8) kepada sejumlah media menegaskan pihaknya akan segera merespon dan melaksanakan rapat pengurus guna mencari solusi bagi anggota yang menginginkan haknya.

Dikatakan Chandra, berdasarkan surat permintaan pengembalian uang tersebut dari 15 anggota yang mengundurkan diri, 3 diantaranya telah pindah tugas ke luar daerah dengan jumlah total simpanan pokok dan wajib yang akan dtarik sebesar Rp 15.140.000.

Atas permintaan ini jelas Chandra, dirinya terus berkomunikasi dengan pengurus lainnya seperti bendahara dan badan pengawas koperasi korpri. Sementara untuk Ketua Koperasi Korpri, Surahman, hingga saat ini belum bisa ditemui dan dihubungi tanpa ada alasan yang jelas.

Diakui Candra, pihaknya merasa kesulitan dalam mencari solusi untuk mengatasi persoalan yang ada di Koperasi Korpri, karena Ketua sangat sulit ditemui dan dihubungi. Sementara peran ketua sangat besar dalam mencari solusi atas persoalan ini.

Tidak hanya itu, lanjut Candra, hingga saat ini belum ada satupun rekomendasi dari Rapat Anggota Tahunan (RAT) 29 Maret 2018 lalu ditindaklanjuti, seperti pengembalian dana anggota yang mendurkan diri, segera memiliki sekretariat karena selama ini Koperasi Korpri tidak memiliki sekretariat sehingga anggota sulit berkordinasi, belum lagi rekomendasi dan masalah lainnya.

Jika hal ini tetap dibiarkan, maka kepercayaan anggota kepada pengurus akan tergerus dan akhirnya koperasi ini akan kehilangan seluruh anggota yang akan berimbas bubarnya koperasi korpri ini. Untuk itu, dirinya terus menghubungi dan meminta Ketua Koperasi untuk segera melaksanakan rapat pengurus untuk mencari persoalan ini.

Sebelumnya, kata Candra pada pada bulan Juli lalu, sebanyak 33 anggota dengan total jumlah simpanan pokok dan wajib sebesar Rp 43,1 juta. Alasan pengunduran diri anggota yang tercatat dari Dinas Perkebunan Musi Rawas ini, dengan alasan anggota telah memasuki masa pensiun dan pindah kerja serta sebagian lainnya memang ingin mengundurkan diri. (ik)