280 Napi Narkotika Dapat Pengurangan Hukuman

MUSIRAWAS – 280 narapidana Lembaga Pemasyarakatan Khusus  Narkotika kelas II Muara Beliti menerima remisi ( pengurangan hukuman ) di Hari Ulang Tahun ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Lapas Narkotika kelas II Muara Beliti Suyatna, Jumat (17/8) mengatakan, warga binaan yang menerima remisi ini sudah ditetapkan melalui surat keputusan Kakanwil Kemenkumham Sumatera Selatan.

” Kami hanya mengusul narapidana  yang akan menerima remisi HUT kemerdekaan kepada Kakanwil Kemenkumham Sumsel, dan jumlah yang disetujui sebanyak 280 orang,” Kata Suyitna.

Dikatakannya, per tanggal 17 Agustus 2018, Lapas Narkotika Muara Beliti dihuni 684 orang narapidana dan  95 orang tahanan.

Dari jumlah itu, yang mendapatkan remisi satu bulan sebanyak  12 orang, remisi 2 bulan 13 orang, remisi 3 bulan 132 orang, remisi 4 bulan 116 orang, remisi 5 bulan 6 orang, dan remisi 6 bulan  1 orang.

” Dari jumlah 280 yang mendapat remisi hari ini, sebenarnya ada sembilan orang yang medapat remisi bebas, namun karena tidak membayar subsider maka ia menjalani hukuman penganti subsider itu” Terang dia.

Dijelaskan dia, sesuai peraturan pemerintah (PP) nomor 99 pemberian remisi bagi narapidan lapas khusus narkotika harus mendapat persetujuan Menteri Hukum dan HAM.

” Selain PP itu yang menentukan remisi, warga binaan yang mendapat remisi ini yang berkelakuan baik dan memenuhi syarat,” katanya.

Sementara itu Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan mengucapkan selamat kepada para napi yang mendapatkan remisi pada hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 tahun ini.

” Dengan diberikanya remisi kepada napi yang mempunyai kelakuan baik selama menjadi warga binaan Lapas Narkotika kelas II Muara Beliti ini bisa lebih baik lagi kedepanya, dan jika bebas nanti tidak mengulangi perbuatan yang merusak diri sendiri serta negara ,” katanya.(ik)