Rebut Senjata Polisi, Bandit Bertato di Lubuklinggau Ini Dihadiahi Dua Pelor

LUBUKLINGGAU – Dua pelor terpaksa bersarang di kaki Anto alias Limbab (22).

Warga Kelurahan Mesat Seni Kecamatan Lubuklinggau Barat Kota Lubuklinggau ini merupakan pelaku Curas yang sering beroperasi di wilayah hukum Polres Lubuklinggau.

Salah satu korbannya, Marerah Lawlah (33), warga Kelurahan Perumnas Griya Asri Kelurahan Talang Muara Enim Kecamatan Lubuklinggau Barat.

Kejadiannya Kamis (30/11/2017) di Jalan Cek Dam Kelurahan Sukajadi Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Saat itu korban bersama anak wanitanya yang masih berusia 6 tahun, melintas menggunakan sepeda motor.

Tiba di TKP, kendaraan korban dihadang pelaku bersama dua komplotannya, Efriyadi Gunawan alias Gepeng ( sudah ditahan penyidik Polres) dan Almadi alias Ang ( sedang dalam proses Polsek Barat .

Saat melakukan penyetopan, pelaku langsung memukul korban mengunakan kayu, dan mengenai wajah anak korban yang saat itu berada di posisi depan, sehingga korban dan anaknya terjatuh dari sepeda motor.

Pelaku sempat mengambil sepeda motor korban, namun korban berteriak meminta tolong warga, sehingga pelaku dan komplotannya melarikan diri meninggalkan sepeda motor korban.

Akibat hantaman pelaku menggunakan kayu, anak korban mengalami luka dibagian mata dan pendarahan.

Anak korban sempat dilarikan ke rumah sakit Ar Bunda, namun karena kondisinya parah sehingga dirujuk ke Rumah Sakit Palembang untuk dilakukan operasi.

Setelah hampir satu tahun menjadi buronan, keberadaan pelaku diketahui bersembunyi di Desa SP 7 Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara, sehingga Rabu (12/9) sekitar pukul 15.00 WIB dipimpin Kapolsek Lubuklinggau Barat IPTU Sopian Hadi langsung melakukan penyergapan.

Setelah berhasil mengamankan bandit yang memiliki tato di dada ini, langsung diangkut ke Lubuklinggau untuk menunjukan tempat kejadian perkara serta pengembangan Barang Bukti.

Namun pelaku berontak dan berusaha merampas senjata api petugas.

Meski sudah dilakukan tembakan peringatan, namun pelaku tidak menghiraukannya, sehingga diambil tindakan tegas dengan mengarahkan tembakan kearah kaki kanan pelaku sebanyak dua lubang.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar melalui Kapolsek Lubuklinggau Barat IPTU Sopian Hadi mengatakan, sebelum dibawa ke Mapolsek Lubuklinggau Barat, pelaku sempat dibawa ke Rumah Sakit Sobirin guna mendapatkan tindakan medis.

Dikatakan Kapolsek, selain melakukan Curas terhadap korban Marerah, pelaku juga terlibat sejumlah kasus lainnya , yakni pencurian sepeda motor jenis Vixion warna merah hitam di Kelurahan Sukajadi.Pada kasus ini pelaku mendapatkan bagian dari penjualan sepeda motor itu sebesar Rp 1,5 juta.

Kemudian tindak pidana Curat di Kelurahan Muara Enim dekat SDN 15, pelaku berhasil membawa sepeda motor jenis Smash.

“Selain mengamankan tersangka, juga diamankan baran bukti berupa alat tersangka untuk melancarkan aksinya, yakni satu unit sepeda motor jenis vixion ,” kata Sopian.(IK)