Tradisi Tak Pernah Luntur di Suka Makmur Saat Perayaan Tahun Baru Hijriah

MUSIRAWAS – Tradisi tak pernah luntur dalam merayakan tahun baru hijriah di Desa Suka Makmur SP 5 Kecamatan BTS Ulu Kabupaten Musi Rawas yakni menggelar ruwatan dan sedekah bumi.

Selain ruwatan dan sedekah bumi, pada perayaan tahun baru 1440 Hijriah ini, masyarakat desa setempat juga menggelar Seni Tayub dan wayang kulit pimpinan dalang Suyut Widodo semalam suntuk.

Kepala Desa Suka Makmur Wancik didampingi Sekdes Sarwo Edi dan Kadus 3 Suparman menuturkan, acara ini telah dilakukan masyarakat sejak 1981 lalu, atau sejak desa ini terbentuk.

Untuk menggelar tradisi yang digelar setiap tahun ini jelasnya, masyarakat melakukan penggalangan dana yang dipungut dari swadaya masyarakat desa setempat.

“Tradisi ini telah dilakukan sejak Trans SP 5 ini dibentuk, dan dilaksanakan bergiliran setiap dusun,”,katanya.

Wancik menuturkan, digelarnya tradisi ini, selain untuk melestarikan budaya lokal, juga sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat dari Sang Maha Pencipta.

Wancik menambahkan, dalam ruwatan dan sedekah bumi ini juga menyampaikan doa, agar hasil tanaman masyarakat ke depan tumbuh subur dan meraih hasil yang sangat memuaskan.

Pada perayaan tahun baru 1440 Hijriah yang digelar Kamis malam (20/9) ini, tampak dihadiri Camat BTS Ulu Meydi S Imam , anggota Babinsa Ode Laode dan sejumlah kepala desa di Kecamatan BTS Ulu, diantaranya Kades Tambangan Amir Mahmud.(Ogut/IK)