Alat Pengusir Burung Sawah dari Musi Rawas Sabet Harapan III Lomba TTG 2018

BALI – Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan mengaku bangga atas peraihan Kabupaten Musi Rawas sebagai juara III dalam lomba TTG XXX 2018 tingkat nasional yang dilaksanakan di Provinsi Bali.

Inovasi berupa alat pengusir burung sawah mewakili Provinsi Sumatera Selatan ini tentunya mengharumkan nama Musi Rawas di tingkat nasional.

Dikatakan bupati, untuk mendapatkan peringkat VI besar tingkat nasional ini bukan hal mudah karena bersaing dengan puluhan Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) dari seluruh Indonesia.

Alat pengusir burung sawah Aeromodeling menggunakan bahan bekas ini diciptakan Sugeng Riyanto warga Kelurahan Sumberharta, Kecamatan Sumberharta, Kabupaten Musi Rawas.

Penghargaan sebagai harapan III diserahkan langsung oleh Direktur Pendayagunaan SDA dan TTG, Leroy Samy Uguy dan diterima Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumsel, Juharmansyah pada acara penutupan Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa/Kelurahan (PINDesKel) Tahun 2018, Minggu (21/10).

Kreativitas berbentuk pesawat ini dari awal pameran hingga penilaian menjadi salah satu perhatian pengunjung, selain unik juga dibuat dari bahan-bahan bekas seperti mesinnya merupakan dari mesin bekas senprayer hama padi. Kerangka dan bodi pesawatpun diambil dari bahan bekas yang mudah ditemukan.

Sementara itu Sugeng Riyanto mengatakan, inovasi diciptakannya bermanfaat mengusir hama seperti burung sawah, dan sangat efisien digunakan pada lokasi persawahan dengan luasan 10 hektar dan dalam radius 1 kilometer.

Sugeng mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dan Provinsi Sumatera Selatan khususnya Bupati Musi Rawas yang terus membina dan membimbing serta memberikan dukungan penuh sehingga inovasi ini dapat mewakili Sumatera Selatan untuk maju ke kanca Nasional dan berhasil meraih juara.(adv)