BNNK Mura Lakukan Supervisi Pelaksanaan Advokasi Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba

MUSIRAWAS – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Musi Rawas melaksanakan kegiatan supervisi pelaksanaan advokasi pembangunan berwawasan anti narkoba pada karang taruna di Desa Srimulyo Kecamatan STL Ulu Terawas, Jum’at (23/11).

Hadir pada kegiatan yang dilaksanakan di balai desa Srimulyo itu yakni kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) diwakili Gunawan Susanto, penyuluh ahli pratama Aprianto, serta staf bagian umum Indah Nurjanah dan Reliadi.

Kegiatan ini disambut langsung oleh Kepala Desa Srimulyo Hamdani danKetua karang taruna sekaligus relawan anti narkoba Agus Triawan bersama penggiat anti narkoba desa.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui data kegiatan sosialisasi pencegahan narkoba yang telah dilakukan secara mandiri oleh karang taruna. Baik secara organisasi maupun secara pribadi dalam memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba.

Begitu pula dalam hal memberikan pemahaman bagi mereka yang kemungkinan sudah terjerumus memakai narkoba agar mau untuk melapor ke BNNK secara sukarela.

Dari pihak karang taruna pun berencana untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi ke dunia pendidikan yang ada di Desa Srimulyo.Tujuannya untuk lebih memberikan pengetahuan tentang bahaya narkoba sejak dini pada rencana awal yang ingin dilaksanakan dilingkungan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Desa Srimulyo.

Pihak karang taruna maupun masyarakat merasakan keberadaan BNNK Musi Rawas sangat berpengaruh dan memberikan dampak positif, yaitu mendapatkan sosialisasi mengenai bahaya narkoba, dilibatkan menjadi relawan serta penggiat oleh BNNK Musi Rawas sehingga mendapat pengetahuan serta ilmu yang dapat diterapkan pada diri sendiri disampaikan ke keluarga serta ke masyarakat.

Pada akhir pertemuan ini, baik BNN maupun Karang Taruna beserta desa membuat kesepakatan bersama mengenai rencana pemberdayaan para pemuda maupun masyarakat desa untuk membuat taman, tempat outbond serta membuat spot foto yang menarik yang dapat dijadikan sebagai wadah menciptakan masyarakat serta pemuda yang aktif serta lebih produktif.

Kepala Desa Srimulyo Hamdani berharap agar dana desa dapat juga dialokasikan untuk kegiatan yang bekerjasama antara BNN dan desa, sehingga tidak menyalahi aturan dari pihak Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.(ben/IK)