Batas Akhir Pengesahan Tinggal 9 Jam, APBD 2019 Mura Belum Juga Disahkan

MUSIRAWAS – Batas akhir pengesahan APBD tinggal 9 jam lagi, namun APBD 2019 Kabupaten Musi Rawas belum juga disahkan.

Menurut isu berkembang di lapangan, pengesahan APBD 2019 Kabupaten Musi Rawas akan disahkan melalui rapat paripurna DPRD sekitar pukul 13.00 WIB, Jum’at (30/11), namun hingga pukul 15.00 WIB belum juga dilakukan paripurna.

“Jadwalnya belum ada,” kata salah seorang staf di DPRD Musi Rawas, sembari menambahkan bahwa Sekwan DPRD Musi Rawas Amir Hamzah saat ini sedang tidak ada di ruang kerjanya karena sedang menghadap Plt Sekda Musi Rawas.

Sementara itu pantauan inilahkito.com sekitar pukul 15.00 WIB, sudah ada sejumlah anggota DPRD yang sedang mengobrol biasa di ruang paripurna.

Sebagaimana diketahui jika hingga pukul 00.00 WIB belum juga disahkan, maka DPRD dan Bupati Musi Rawas bakal dikenakan sanksi.Dimana sanksi itu bisa berupa tidak menerima gaji selama enam bulan bagi anggota DPRD dan bahkan berimbas terhadap gaji bupati.

Molornya pembahasan APBD 2019 Kabupaten Musi Rawas ini menurut wakil ketua DPRD H Ismun Yahya yang sehari sebelumnya dikonfirmasi wartawan, dikarenakan lambannya pihak eksekutif menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) untuk dibahas Badan Anggaran ( Banggar) DPRD Musi Rawas.

Selain itu, alotnya pembahasan KUA PPAS, salah satunya disebabkan banyaknya usulan masyarakat melalui hasil reses anggota DPRD tidak terakomodasi dalam pembahasan KUA PPAS yang selanjutnya dapat dimasukan dalam pembahasan RAPBD 2019.

Menurut Ismun, usulan masyarakat yang ditampung melalui reses anggota DPRD di masing – masing Daerah Pemilihan (Dapil), hanya terakomodir sebesar 30 persen.

Meski demikian jelas Ismun, pihaknya tetap berupaya agar pengesahan APBD 2019 ini tidak melewati batas waktu ditetapkan.

“Jika pengesahan APBD 2019 melewati batas waktu, maka ada sanksi yang harus diterima,” kata dia.(IK)