Dua Jam Usai Beraksi, Dua Begal Sadis Dihadiahi Timah Panas

LUBUKLINGGAU- Dua begal sepeda motor tergolong sadis beraksi di Kota Lubuklinggau berhasil diringkus anggota Polsek Lubuklinggau Utara Polres Lubuklinggau.

Kedua eksekusi begal ini terpaksa dihadiahi timah panas oleh petugas yang bersarang dibagian betis pelaku, karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

Kedua pelaku bernama Anton Kennedi (32) dan Yanzan (34) merupakan warga Jalan A Yani RT 01 Kelurahan Belalau Kecamatan Lubuklinggau Utara I Kota Lubuklinggau ini diringkus dua jam setelah beraksi, Minggu (9/12) sekitar pukul 0.30 dinihari.

Selain mengamankan kedua pelaku, petugas juga mengamankan Bustamil (38) warga Desa Terusan Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muaratara karena diduga turut membantu aksi kejahatan dilakukan Anton dan Yanzan.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau Utara AKP Harizon Manik menjelaskan, tindak pidana pencurian dengan kekerasan dilakukan kedua pelaku terjadi di Jalan Raya Belalau 2 Kelurahan Belalau 2 Kecamatan Lubuklinggau Utara I Kota Lubuklinggau.

Korbannya Riobani (18) dan Yudi Aftiansyah, merupakan warga Kelurahan Ponorogo Kecamatan Lubuklinggau Utata II Kota Lubuklinggau.

Kejadiannya bermula kedua korban mengendarai sepeda motor Suzuki Satria FU dan bertandang ke rumah temannya di Kelurahan Belalau 2.

Saat pulang dari rumah temannya itu, laju sepeda motor korban dihentikan pelaku yang sebelumnya sudah menunggu di semak belukar di pinggir jalan yang kondisnya sepi.

Tanpa babibu kedua tersangka langsung memukul bagian kepala kedua korban sehingga terjatuh dari sepeda motor. Lalu kedua tersangka kengambil handphone disaku kantong celana korban dan langsung melarikan sepeda motor dan meninggalkan kedua pelaku yang terkapar di TKP.

Akibat kejadian itu, kedua korban bukan hanya kehilangan harta benda berupa satu unit sepeda motor Satria FU dan satu unit HP merek Oppo, namun juga mengalami luka cukup serius.

Korban Yudi mengalami luka dibagian wajah dan kaki, yang menurut keterangan medis harus dioperasi. Sementara Rio mengalami patah tangan sebelah kanan, lecet di bagian kaki sebelah kanan dan harus menjalani perawatan medis secara intensif.

Usai melancarkan aksinya, kedua tersangka langsung menitipkan hasil kejahatannya di rumah saudaranya di Lakeh Desa Terusan Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Muratara.

Penangkapan terhadap tersangka jelas Kapolsek, setelah pihaknya mendapat informasi adanya kejadian curas di wilayah hukum Polsek Lubuklinggau Utara.

Mendapat informasi itu Kapolsek dan anggota Reskrim langsung meluncur dan melakukan olah TKP.

Berkat informasi dan kerjasama masyarakat serta diketahui keberadaan tersangka, petugas langsung melakukan pengejaran.

“Namun saat akan diringkus, kedua pelaku melawan petugas dan berusaha melarikan diri.Meskipun telah diberikan tembakan peringatan, namun tidak diindahkan. Setelah dilumpuhkan dengan tembakan mengenai kaki kedua pelaku, barulah keduanya berhasil ditangkap,” katanya.

Keduanya jelas Kapolsek mengakui telah melakukan curas terhadap korban.

Selain mengamankan para tersangka, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa dua batang kayu digunakan memukul kepala korban, Satu unit sepeda motor Suzuki Satria warna hitam berikut kunci kontak, Satu unit sepeda motor jambrong milik tersangka dan Satu unit hp oppo warna hitam berikut SIM card.(IK)