Posbakumadin Lubuklinggau Gelar Pelatihan Paralegal Desa Se Musi Rawas

LUBUKLINGGAU -Guna mewujudkan desa sadar hukum, Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Kota Lubuklinggau memberikan pelatihan paralegal desa se Kabupaten Musi Rawas, Rabu (12/12).

Ketua Posbamadin Kota Lubuklinggau, Edwar Antoni mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan amanah Undang – Undang desa dan juga untuk mengeluarkan dampingan desa.

Pelatihan ini kata pria yang akrab disapa Edo ini, merupakan pertama kali dilaksanakan di Sumatera Selatan bahkan di Indonesia.

Dimana setiap desa memberikan perwakilan dua hingga tiga orang untuk mengikuti pelatihan.

Edo juga mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kegiatan bersejarah karena Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan merupakan penggagas pelaksana utama kegiatan dan juga sebagai pelopor paralegal desa di Sumsel.

“Kita mengapresiasi, dan kita harapkan permasalahan hukum di desa baik itu tipiring dan sifatnyo non litigasi kita selesaikan, juga membantu agar menuju desa yang sadar hukum dan berdaulat,” katanya.

Dia berharap paralegal yang dilatih ini dapat membantu kemajuan desa, seperti memberikan pengarahan pembuatan surat menyurat legal, melakukan mediasi dan memberikan pendampingan masyarakat yang mengalami permasalahan hukum.

Tentunya harap Edo kegiatan ini agar dilaksanakan secara berkesinambungan dan menjadi acuan bagi semua, bahwa selama ini yang menjadi polemik di desa bisa terbantu.

“Melalui para legaldesa perlawanan, pembodohan terhadap hukum dapat dilakukan,” katanya. (Ogut Apel/IK)