Diduga Gelapkan Uang Beras Rp 600 Juta Lebih, Wanita Ini Masuk “Obak”

MUSIRAWAS -Jajaran Polsek Terawas meringkus seorang wanita inisial SA (29) lantaran melakukan tindak pidana penggelapan dan atau penipuan, Rabu (2/12).

Warga Desa Tanjung Sanai Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong ini diduga melakukan penipuan terhadap korban Ajum (38) warga Kelurahan Sumber Harta Kecamatan Sumber Harta Kabupaten Musi Rawas.

Dugaan kasus penipuan dan atau penggelapan ini terjadi di kediaman korban pada 13 November 2018 sekira jam 14.00 WIB lalu.

Saat itu pelaku mendatangi rumah korban dan mengajak berbisnis dagang beras. Pelaku mengiming-imingi ada pembeli beras yang sanggup membeli dengan harga Rp 11ribu perkilo gram. Sehingga korban mau saja diajak pelaku berbisnis.

Awalnya bisnis dagang beras ini berjalan lancar sejak 31 Oktober 2018, namun pada 13 November 2018 hingga 28 November 2018 sebanyak delapan kali pengambilan, penyetoran uang penjualan beras belum disetorkan pelaku. Saat ditanya korban, pelaku berdalih bahwa uang setoran masih macet karena belum dibayarkan pembeli.

Untuk memastikan keterangan pelaku, korban menemui salah seorang pembeli beras bernama Hendra, dan didapatilah keterangan bahwa setiap beras yang diantar pelaku kepada pembeli selalu dibayarkan cash dan untuk harga jual beras berkisar harga Rp 9 ribu perkilogram.

Merasa tertipu, akhirnya korban melaporkan pelaku ke Polsek BKL Ulu Terawas.

Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek BKL Ulu Terawas AKP Haeruddin mengatakan, pelaku diamankan di rumah salah satu temannya di Kota Lubuklinggau.

“Saat itu korban dan pelaku berjanji untuk saling bertemu, saat itulah pelaku diamankan,”katanya.

Dikatakan Kapolsek, pelaku mengakui perbuatannya menggelapkan uang setoran penjualan beras korban dengan alasan uangnya digunakan untuk membayar hutang-hutang pelaku.

Saat ini pelaku diamankan di Polsek BKL Ulu Terawas untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dikatakan Kapolsek, kerugian dialami korban sebanyak 57.211 kilogram beras yang jika diuangkan sebesar Rp 629.321.000.(IK)