PT SRMD Teken Perjanjian Terkait Pemanfaatan Jalan di Musi Rawas

BOGOR- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dan PT Seleraya Merangin Dua (PT SRMD) bersepakat membuat perjanjian kerjasama pemanfaatan jalan untuk pengangkutan minyak mentah.

Penandatangan kesepakatan ini dilakukan Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan Bersama Direktur PT SRMD Song Zhizong di Hotel Santika Bogor, Jawa Barat Jum’at (21/12).

Perjanjian ini merupakan kelanjutan dari kesepakatan sebelumnya yang telah dilaksanakan sejak 2015 lalu. Dimana jalan-jalan yang dilalui truk tanki pengangkut minyak mentah PT SRMD dari Belani Kecamatan Rawas Ilir ke Fasilitas Bongkar Muat (FBM) Jene Kecamatan BTS Ulu dibangun dan dirawat oleh PT SRMD.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Rawas Adi Winata menjelaskan, perjanjian ini meliputi peningkatan dan pemeliharaan jalan dilalui PT SRMD yang dimiliki Kabupaten Musi Rawas seperti dari Simpang Semambang Kecamatan Tuah Negeri sampai Kelurahan Mangun Jaya SP 9 Kecamatan BTS Ulu sepanjang 37,5 km dan SP 9 sampai Simpang Jene sepanjang 12 km.

Dijelaskan Adi, untuk ruas jalan dari Simpang Semambang hingga SP 9 telah dilakukan peningkatan dan pemeliharaan dari tahun 2015 hingga 2018, sementara untuk ruas jalan dari SP 9 hingga Simpang Jene disepakati mulai ditingkatkan tahun 2019 hingga 2020. Total anggaran dikeluarkan PT SRMD setiap tahunnya untuk biaya peningkatan dan perawatan ini sebesar Rp 6,5 milyar.

Direktur PT SRMD Song Zhizong mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemkab Musi Rawas yang telah memberikan izin pemanfaatan jalan untuk pengangkutan minyak mentah dengan menggunakan truk tanki dari Belani Kecamatan Rawas Ilir ke Fasilitas Bongkar Muat Jene Kecamatan BTS Ulu.

Terkait dengan perjanjian kerjasama ini, pihaknya akan menjalankan dan melaksanakan serta memenuhi kewajiban-kewajiban berdasarkan perjanjian dengan sebaik mungkin.

Dirinya berharap dengan perjanjian ini dapat saling mendukung baik untuk pembangunan infrastruktur jalan daerah maupun dari usaha pihaknya.

Sementara Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan menyambut baik ditandatangani perjanjian ini dan berharap seluruh perusahaan dapat ikut serta mendukung pembangunan daerah baik dari infrastruktur dan peningkatan perekonomian masyarakat, bukan malah kehadiran perusahaan membuat masyarakat menjadi sengsara.

Selain meningkatkan dan melakukan perawatan terhadap jalan dilalui truk tanki, PT SRMD juga diharapkan dapat berkontribusi dalam bentuk lainnya, seperti membangun fasilitas bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan dan lainnya.Sehingga baik pemerintah daerah maupun masyarakat merasakan aspek positif dengan kehadiran investor di daerah.

Penandatangan ini disaksikan dan dihadiri Asisten II Setda Mura, Syaiful Anwar Ibna, Kepala Dinas PU Bina Marga Aidil Rusman, Kepala Dinas Perhubungan Adi Winata, Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah, Dian Candera, Sekertaris DPMPTSP, Teddy Lazuardi, Kabag Humas Dikky Zulkarnain, Kabag Protokol Rusanamulawati dan Staf OPD terkait lainya. (Rilis Kominfo dan statistik Mura)