Pelaku Hipnotis Penggelapan Taxi Online di Palembang Diringkus di Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Kurang dari 24 jam setelah kejadian, anggota Polsek Lubuklinggau Barat berhasil meringkus Mamat Setiawan (27), pelaku dugaan hipnotis dan penggelapan satu unit mobil Daihatsu Sigra yang terjadi di Kota Palembang Sabtu (22/12) sekitar 13.30 WIB.

Selain mengamankan warga komplek Bougenvile Kelurahan Karya Baru Kota Palembang ini, polisi juga berhasil mengamankan mobil Daihatsu Sigra BG 1637 RY milik korban Rian Kista (21) yang merupakan sopir taxi online.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau Barat IPTU Sofian Hadi didampingi Kepala SPKT Polres Lubuklinggau IPDA Jemmy Gumayel menjelaskan, pihaknya mengetahui korban Rian Kista telah melaporkan kehilangan mobil berdasarkan laporan polisi nomor LP/B/1018/XII/2018/ SPKT Polda Sumsel.

Kejadiannya berawal dari korban mendapatkan pesanan penumpang dari Talang Kelapa Palembang dengan tujuan Jalan Angkatan 45 Palembang.

Saat itu pelaku meminta agar pesanan secara offline dengan alasan ingin jalan-jalan dan makan di Palembang.

Kemudian pelaku meminta diantarkan ke kosan pacarnya di daerah Jalan Angkatan 45 Palembang. Setiba di lokasi, pelaku mencoba meminta kepada korban untuk meminjam mobil sebentar dengan alasan hendak membelikan rokok korban.

Karena merasa terhipnotis oleh pelaku, korban memberikan kendaraannya.

Setelah korban menyadari kendaraannya telah dibawa kabur pelaku, korban langsung melaporkan kejadian menimpanya ke SPKT Polda Sumsel.

Setelah mendapat informasi keberadaan kendaraan milik korban, kepala SPKT bersama anggota piket jaga, piket fungsi dan anggota Polsek Lubuklinggau Barat menuju ke TKP di parkiran Indomaret Jalan Garuda Kelurahan Lubuk Tanjung.

” Dan benar saja kendaraan ditemukan di lokasi,” katanya.

Kemudian anggota unit Reskrim melakukan penyisiran di sekitar lokasi dan berkat bantuan warga setempat, pelaku berhasil diamankan.

Ditambahkan Kapolsek, berdasarkan hasil interogasi terhadap pelaku, pelaku mengaku karyawan variasi mobil dan telah melakukan penggelapan kendaraan bermotor sebanyak Lima kali dengan modus yang sama.

“Saat ini pelaku dan barang bukti telah kita amankan di Polsek Lubuklinggau Barat, kami juga telah berkoordinasi dengan unit Ranmor Subdit Jatanras Polda Sumsel untuk melimpahkan pelaku dan barang bukti ke Polda Sumsel, mengingat locus delictinya di wilayah hukum Polresta Palembang” katanya.(IK)