Tak Kurang 14 Ribu Wartawan Se Indonesia Hadiri Peringatan HPN 2019 di Surabaya

SURABAYA – Tak kurang dari 14 ribu wartawan dari seluruh Indonesia hadiri peringatan Hari Pers Nasional ( HPN ) 2019 di Surabaya.

Puncak peringatan HPN 2019 diselenggarakan oleh PWI berlangsung
di Grand City Mall, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (9/2) itu,  dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo beserta Iriana Jokowi.

Turut hadir juga sejumlah menteri kabinet kerja diantaranya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Selain itu hadir juga sejumlah duta besar berbagai negara tetangga,   Gubernur,  walikota dan bupati.

Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutan pada acara puncak HPN mengungkapkan terimakasih kepada insan pers nasional yang bisa menjadi media arus utama dalam memberitahukan informasi tepat kepada para pembacanya, di tengah maraknya informasi yang berseliweran di media sosial online.

“Saat ini yang vital di media sosial biasa jadi rujukan bagi masyarakat luas. Tak jarang juga itu jadi rujukan media konvensional atau media nasional arus utama. Saya bangga kepada insan pers yang bisa memberikan informasi tepat, dan selamat Hari Pers Nasional 2019,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan kepada pelaku pers agar tak terseret pemberitaan hoax yang kerap dibunyikan di media sosial.

“Di tengah suasana seperti ini, media arus utama dibutuhkan untuk rumah penjernih informasi. Keberadaan mereka dibutuhkan sebagai media communication of hoax,” kata dia.

Sehari sebelumnya Gubernur Jawa Timur H Soekarwo pada acara malam ramah tamah Jum’at malam (8/2), berterimakasih kepada pihak penyelenggara atas terlaksananya HPN 2019 di Surabaya Jawa Timur.

Dikatakannya, penantian Jawa Timur untuk menjadi tuan rumah HPN sejak 10 tahun silam akhirnya terealisasi pada 2019 ini.

“Kalau diperbolehkan untuk tahun depan dilaksanakan lagi di Surabaya” katanya.

Menurut Soekarwo, pada peringatan HPN 2019 ini sedikitnya 14 ribu wartawan berkumpul di Surabaya.

“Hotel – hotel penuh dan rumah makan sampai malam rami semua, ” katanya.

Sementara itu diketahui,  untuk wartawan asal Sumatera Selatan tercatat lebih dari 200 wartawan yang tergabung dalam wadah organisasi PWI turut berpartisipasi menghadiri peringatan HPN 2019 yang diselenggarakan di Surabaya.

Tampak Ketua PWI Sumsel Firdaus Qomar bersama  wartawan dari sejumlah kota dan kabupaten di Sumatera Selatan,  termasuk Kabupaten Musi Rawas mengikuti berbagai  rangkaian kegiatan HPN 2019 di Surabaya. (IK)