SMPN Muara Lakitan Raih Juara III Lomba Wajah Bahasa Se – Sumsel

MUSIRAWAS- Pestasi membanggakan diraih SMP Negeri Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas dalam lomba “Aksi Nasional Pengutamaan Bahasa Negara di Ruang Publik melalui Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tahun 2019” tingkat SMP/MTs Negeri dan Swasta Se-Provinsi Sumatera Selatan.

Pada ajang bergengsi ini, SMPN Muara Lakitan berhasil meraih juara III, dan menjadi satu-satunya sekolah di Kabupaten Musi Rawas yang meraih penghargaan tersebut.

Adapun objek penilaian lomba, yakni tulisan nama sekolah/nama gedung, – tulisan nama sarana umum, – Tulisan nama ruang pertemuan, Tulisan nama produk barang/jasa, – Tulisan nama jabatan, – Tulisan petunjuk arah atau rambu umum, – Tulisan berbentuk spanduk atau alat informasi lain sejenisnya.

Pihak panitia selain menghubungi seluruh sekolah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan juga mengecek langsung ke lapangan, serta melakukan penilaian berdasarkan objek penilaian tersebut sejak 21 Januari hingga 8 Maret 2019, dan selanjutnya diumumkan pada 14 Maret 2019 lalu.

Kepala SMP Negeri Muara Lakitan Seven Agustina, saat dibincangi inilahkito.com, Selasa (26/3), mengungkapkan rasa syukur atas prestasi ini.

“Alhamdulillah, prestasi ini sungguh luar biasa bagi kami. Benar-benar sebuah kejutan yang menyenangkan bagi kami karena berhasil menjadi juara III dalam lomba ini, ” katadia.

Kepala sekolah termuda di Kabupaten Musi Rawas ini juga mengucapkan terima kasih atas bantuan, dukungan, dan kerjasama semua guru, staf tata usaha, penjaga sekolah, para siswa,komite sekolah, orangtua siswa, Korwas, Disdik Mura, Pemerintah Kecamatan Muara Lakitan, Pemkab Musim Rawas, dan semua pihak yang telah mendukung hingga sukses meraih prestasi ini.

“Tanpa itu semua, tidak mungkin prestasi ini bisa didapat,” ujarnya merendah.

Dikatakan Seven, Senin 25 Maret 2019, dia dan seluruh kepala sekolah yang sekolahnya ditetapkan sebagai pemenang oleh panitia lomba, baik dari tingkat SD, SMP/MTs, dan sampai ke tingkat SMA/SMK telah menerima hadiah di Aula Amran Halim, Balai Bahasa Sumatera Selatan, Palembang.

Berdasarkan keterangan panitia, lomba wajah bahasa sekolah merupakan gambaran atas sikap positif terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara di lingkungan sekolah. Balai Bahasa Sumatera Selatan, Badan Pengembangam dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan aksi nasional ini untuk meningkatkan situasi tertib berbahasa di ruang publik sebagai bahan pendidikan literasi sepanjang hayat, sesuai dengan perintah UU No. 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

“Insya Allah, kami pihak sekolah, siap mengikuti lomba Wajah Bahasa di tingkat nasional yang akan diadakan dalam waktu dekat ini. Mulai sekarang, kami akan melakukan persiapan dan perbaikan terhadap item-item yang menjadi objek penilaian. Mohon doanya, semoga kami dapat memperoleh hasil maksimal demi mengharumkan nama baik Kabupaten Musi Rawas dan mendukung Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas dalam program khusus di bidang pendidikan yaitu Musi Rawas Cerdas Sempurna,” kata wanita yang telah dua tahun memimpin SMPN Muara Lakitan ini. (IK)