BNNK Mura Gelar Rakor Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba

MUSIRAWAS – Seksi P2M BNNK Musi Rawas menggelar Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba di lingkungan Masyarakat.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BNNK Musi Rawas Hendra Amoer didampingi Plt Kasi P2M Nuryadi ini berlangsung di ruang Watervang Hotel Burza Lubuklinggau, Kamis (28/3).

Adapun narasumber pada kegiatan ini yaitu Kepala BNNK Mura Hendra Amoer, menyampaikan materi dengan judul “Bersama Bergerak, Bersama Lawan Narkoba”.

Kemudian Kepala BAPPEDA Nanti Kasih menyampaikan materi
“Implementasi Inpres no. 6 tahun 2018 dan Surat Edaran Bupati Musi Rawas No. 180/2/II/2019 ke dalam Renja OPD Menyongsong MURA Sempurna 2021”.

Sementara narasumber ketiga yakni Kepala Dinas PMD Mefta Joni, yang menyampaikan materi “Optimalisasi Dana Desa dalam Penanganan Narkoba di Kabupaten Musi Rawas”.

Kepala BNNK Musi Rawas Hendra Amoer menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya peran serta masyarakat dan terciptanya lingkungan bersih narkoba.

Kemudian terjalinnya komunikasi, sinergitas dan jejaring kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di lingkungan masyarakat Kabupaten Musi Rawas.

Selain itu, mengajak Camat, Lurah dan Kepala Desa yang menjadi peserta Rakor untuk bersama-sama mengimplementasikan Inpres No. 6 Tahun 2018 dan Permendagri No. 12 Tahun 2019.

Adapun hasil dari kegiatan ini, peserta rapat berharap agar segera diajukan RAPERDA tentang P4GN termasuk pelarangan pesta malam.

Kemudian pemanfaatan dana CSR perusahaan setempat untuk dukungan kegiatan P4GN.

Selanjutnya komitmen bersama untuk melakukan gerakan bersama Sosialisasi P4GN melalui kegiatan rutin di desa, guna menumbuhkan ketahanan pribadi masyarakat terhadap ancaman bahaya narkoba serta sepakat membangun komitmen bersama bahwa narkoba adalah masalah bersama dan harus dihadapi secara bersama-sama.(ben/IK)