Tokoh Agama Apresiasi Pileg di Musi Rawas Aman Terkendali

MUSIRAWAS – Tokoh agama di Kabupaten Musi Rawas memberikan apresiasi pelaksanaan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 berlangsung aman lancar.

“Terima kasih kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU, Bawaslu, PPK, PPS dan KPPS, karena pelaksanaan pemilu 2019 di Kabupaten Musi Rawas mulai dari pencoblosan dan penghitungan berlangsung jujur, adil, transparan dan demokratis,” kata Ketua PCNU Kabupaten Mura Kyai Ustman Syafei, Kamis (2/5).

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada jajaran aparat keamanan Polri, TNI, Linmas serta semua yang terlibat dalam kegiatan pemilu serentak ini sehingga kondisinya aman dan kondusif.

“Memang kita harus menjaga kebersamaan, kerukunan dan persatuan yang selama ini telah terjalin dengan baik, maka semuanya bisa berjalan lancar, aman dan kondusif.” kata dia.

Sementara Ketua KPU Musi Rawas Anasta Tias berharap pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara berjalan lancar dan aman.

Dikatakannya, sejak awal sudah disampaikan kepada PPK untuk dapat menyelesaikan semua persoalan yang ada di tingkat kecamatan sebelum dibawa ke rapat pleno di KPU Musi Rawas.

“Semoga rapat pleno dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir nanti. Walaupun nantinya ada persoalan, dapat diselesaikan dengan baik. “ harapnya.

KPU masih ada tenggat waktu hingga 7 Mei 2019 harus selesai.

KPU targetkan paling lama lima hari untuk pelaksanaan pleno rekapitulasi di Kabupaten Musi Rawas. Tiap hari pleno dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

Terkait mekanisme rapat pleno, peserta yang boleh masuk ruangan rapat sesuai aturan adalah dua saksi partai politik yang memegang mandat untuk mengikuti rapat pleno.

“Sesuai aturan ada Empat saksi, dan yang boleh masuk dua saksi parpol. Sebelum rapat dimulai, verifikasi dulu parpol mandatkan siapa saja, ditambah saksi DPD dan saksi presiden,” jelasnya.

Pantauan di lokasi pada hari pertama rapat pleno rekapitulasi ditingkat kabupaten, suasana dilingkungan rapat pleno KPU steril.(rls)