Pelaksanaan Peningkatan Jalan di Sukakarya Ditunda

MUSIRAWAS- Pelaksanaan pengerjaan proyek peningkatan jalan lingkungan sepanjang 1,5 Kilometer di Lima desa dalam Kecamatan Sukakarya Kabupaten Musi Rawas ditunda.

Seyogyanya, titik nol pengerjaan proyek dilaksanakan pemenang tender PT Cipta itu akan dilaksanakan, Rabu (22/5).

Tertundanya pelaksanaan pengerjaan proyek di Desa Sukarena, Sugihwaras, Rantau Alih, Sukawarno dan Ciptodadi ini disebabkan volume atau panjang pengerjaan proyek tidak sesuai dengan perencanaan awal.

Dimana sebelumnya, sesuai rencana lima desa yang mendapat proyek peningkatan jalan lingkungan ini sepanjang 300 meter untuk masing-masing desa.

Namun setelah ditenderkan dan ditentukan pemenangnya, panjang jalan yang akan ditingkatkan itu berbeda-beda.

Diketahui untuk peningkatan jalan di Desa Sukarena dan Rantau Alih, masing – masing hanya sepanjang 250 meter.Kemudian untuk Desa Ciptodadi sepanjang 220 meter. Sementara Desa Sukawarno dan Sugiwaras mendapat volume melebihi perencanaan masing – masing 327 meter dan 388 meter.

Ditundanya titik nol pengerjaan peningkatan jalan ini terungkap saat pihak rekanan PT Cipta bersama tim dan pengawas proyek mengundang Camat Sukakarya untuk bersama – sama melakukan titik nol pengerjaan proyek senilai Rp 1.938.500.000 tersebut.

Namun, Camat Sukakarya M Setiawan menolak untuk mengikuti kegiatan ini dengan alasan proyek yang bakal dikerjakan itu tidak sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya.

Menurut M Setiawan, Lima kades yang desanya mendapat proyek peningkatan jalan ini sudah mengetahui jika peningkatan di desanya masing – masing mendapat alokasi sepanjang 300 meter.

Dia berharap pihak PPK dan perencanaan terlebih dahulu menjelaskan kepada Kades terkait perubahan RAB tersebut, dan jangan sampai ada kecemburuan diantara mereka.

Belum sepakat terkait alokasi volume pengerjaan proyek anggaran 2019 ini, membuat pihak rekanan beserta tim batal melaksanakan titik nol proyek peningkatan jalan lingkungan tersebut.

Diketahui, PPK proyek pengerjaan jalan lingkungan sepanjang 1,5 kilometer dalam Kecamatan Sukakarya ini yaitu Ardiyanto. Sementara PPTK nya Dede Chandra dan pengawas proyek Heri B.

Proyek ini seyogyanya dikerjakan selama enam bulan ditambah masa pemeliharaan.(ik)