Lampu Jalan Tidak Berfungsi, Warga Pesimis Mura Sempurna Terwujud

MUSIRAWAS- Salah satu faktor terwujudnya Musi Rawas SEMPURNA (Sejahtera, Mandiri, Produktif, Unggul, Religius dan Aman), salah satunya yaitu berfungsinya fasilitas lampu jalan yang berguna menciptakan rasa aman dalam satu wilayah desa dalam Kabupaten Musi Rawas.

Hal ini diungkapkan salah seorang warga Desa Leban Jaya, Agus, Rabu (22/5), yang mengaku kesal karena tidak berfungsinya sarana lampu jalan di desa itu sejak dua bulan lalu.

“Seharusnya pihak berkompeten pro aktif melakukan monitoring. Lah ini sudah dua bulan tidak ada upaya untuk melakukan pemungsian lampu jalan yang tahun lalu sempat berfungsi ,” kata dia.

Apalagi jelasnya, saat ini sedang bulan ramadhan, dimana aktifitas warga melakukan ibadah pada malam hari semakin meningkat.

“Bagaimana masyarakat bersemangat melaksanakan sholat taraweh berjamaah di masjid dan beribadah lainnya pada malam hari di masjid, jika kondisi desa gelap gulita yang membuat warga takut keluar rumah karena gelap,” kata dia.

Dikatakannya, Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri ini merupakan desa yang tidak jauh dari Kabupaten Muara Beliti sebagai ibukota Kabupaten Musi Rawas.

“Jika desa yang dekat dengan ibukota kabupaten saja tidak diperdulikan, bagaimana dengan desa-desa yang jauh. Jika kondisi ini tetap dibiarkan, saya pesimis Kabupaten Musi Rawas Sempurna yang digaung-gaungkan oleh Bupati Musi Rawas dapat terwujud,” katanya kesal.

Semestinya lanjut Agus, SKPD yang berkompeten pro aktif mendukung terwujudnya program Bupati Musi Rawas, sehingga secepatnya menjadikan kabupaten ini sebagai Kabupaten Musi Rawas SEMPURNA.

Kepala Desa Leban Jaya Beni Apriansah saat dikonfirmasi inilahkito.com, membenarkan jika sejak dua bulan ini lampu jalan di Desa Leban Jaya tidak berfungsi.

“Iya. Kenapa ya lampu jalan ini tidak berfungsi lagi ,” katanya singkat.

Sementara itu Manager PLN Musi Rawas, Zera Fitrizon menjelaskan pemungsian lampu jalan tersebut bukan wewenang pihaknya.

“Pengelolaan lampu jalan ini ada di Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya. Kami ( PLN), hanya menyiapkan KWH meter dan pengukuran saja. Saya sarankan silahkan hubungi pihak terkait ( Dinas PU CK). Kami mohon maaf, karena bukan domain Kami ,” jelasnya.

Sementara pihak Dinas PU CK Musi Rawas saat akan dikonfirmasi, Kamis (24/5) di kantornya, tak satupun ada yang bisa dikonfirmasi.(ik)