Satu Rumah dan Mobil Beserta Dua Unit Motor Ludes Terbakar

MUSIRAWAS – Kebakaran terjadi di Dusun 3 Desa Lubuk Rumbai, Kecamatan Tuah Negeri, Kabupaten Musi Rawas, Rabu (29/5) sekitar pukul 10.30 WIB.

Akibat amukan si jago merah itu, satu unit rumah, satu unit mobil dan dua sepeda motor berada di dalam rumah ludes terbakar. Sementara satu unit rumah yang bersebelahan dengan rumah korban, hanya mengalami rusak ringan pada bagian dapur.

Kebakaran yang diduga akibat kompor minyak meledak ini juga menyebabkan pemilik rumah H Tarmizi (67) mengalami luka bakar dan terpaksa dirawat di Klinik Desa Lubuk Muda Muara Kelingi.

Informasi diterima inilahkito.com di lapangan, kebakaran terjadi bermula Hj Hasna istri H Tarmizi pagi itu sedang membuat kue untuk persiapan lebaran.

Tak disangka, kompor hock yang digunakan korban berbahan minyak tanah tiba-tiba meledak, sehingga percikan api dengan cepat menyambar bagian rumah panggung.

Cuaca panas disertai angin kencang saat kebakaran, membuat kobaran api semakin menjadi – jadi menjilat seluruh isi rumah. Bahkan kurang dari satu jam, rumah korban sudah rata dengan tanah.

Bukan itu saja, meski warga sekitar telah bahu- membahu berusaha memadamkan api menggunakan peralatan seadanya, namun tak juga mampu memadamkan api.

Imbasnya, seluruh isi rumah beserta satu unit mobil, dua motor, 40 gram emas, sejumlah uang dan surat- surat berharga, bahkan ijazah cucu korban ikut terbakar.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Musi Rawas, Paisol melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Eko membenarkan adanya kejadian kebakaran itu.

Dijelaskannya, setelah mendapat informasi terjadinya kebakaran, pihaknya langsung menerjunkan Tiga unit mobil pemadam dan mobil rescue beserta 12 personil bersama anggota Pol PP ke lokasi kejadian.

” Ya telah terjadi kebakaran rumah warga di Desa Lubuk Rumbai. Api diduga berasal dari kompor,’ kata Eko.

Eko menjelaskan, akibat kebakaran itu diperkirakan korban mengalami kerugian sebesar Rp 300 juta.

Pihaknya juga jelas Eko, sudah berkoordinanasi dengan Dinas Sosial untuk tindakan lebih lanjut terhadap pihak korban yang tertimpa musibah kebakaran ini.

“Untuk sementara H Tarmizi beserta keluarganya tinggal di rumah anaknya,” kata dia.

Sementara itu diinformasikan juga, Camat Tuah Negeri Cristiandi, Kapolsek Muara Kelingi AKP Hendri dan Babinsa langsung turun ke lokasi kebakaran, serta menjenguk korban yang dirawat di klinik Lubuk Muda Muara Kelingi.(IK)