Polres Mura Periksa Kesehatan dan Urine Pemudik

MUSIRAWAS – Aparat Kepolisian Rssort Musi Rawas mengetes urine pengguna jalan yang sedang mudik lebaran, Senin (3/6).

Selain mengetes urine pemudik, juga dilakukan pengecekan kesehatan para sopir.

Kegiatan berlangsung di Jalinsum Bundaran Air Mancur Depan Pos Pelayanan Muara Beliti Kabupaten Musi Rawas ini dipimpin Kabag Ops Polres Musi Rawas Kompol Handoko Sanjaya.

Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro melalui Kabag Ops Kompol Handoko mengatakan, kegiatan pengecekan maupun tes urine ini guna mengantisipasi penyalahgunaan narkoba terutama bagi pemudik yang sedang mengendarai kendaraan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk upaya untuk menekan pengguna dan peredaran Narkoba di Wilayah Hukum (Wilkum) Polres Musi Rawas, dan juga untuk menekan tingginya persentase kecelakaan pada saat arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 H, ” jelasnya.

Dengan dilakukan tes urine tambah dia, akan diketahui apakah sopir maupun pengemudi itu menggunakan narkoba atau tidak. “Giat yang kita lakukan hari ini merupakan salah satu langkah untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,”tambahnya.

Selain itu kata dia, pihaknya mengimbau kepada pemudik agar berhenti jika kelelahan dan jangan pernah menggunakan narkoba karena itu melanggar hukum.

Berdasarkan hasil pantauan di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Musi Rawas, terlihat arus lalu lintas sudah  ramai, namun lancar. Sebagian kendaraan yang melintas Bernopol dari Pulau Jawa diantaranya Jakarta. Sebagian besar kendaraan pribadi ini datang dari arah Palembang dan Lahat menuju Bengkulu, Padang dan Jambi.(IK)