Aroma Sampah Membusuk Menyengat di Sepanjang Jalan Tugumulyo

MUSIRAWAS – Sejumlah pengguna jalan mengeluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di pinggir jalan Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas.

Tumpukan sampah ini berasal dari warga yang membuang sampah di sejumlah boks pembuangan sementara sampah yang ada di pinggir sepanjang jalan lintas Kecamatan Tugumulyo.

Namun karena sudah melebihi kapasitas dan belum diangkut petugas sampah ke pembuangan akhir, membuat sampah yang telah membusuk ini tampak tumpah ruah keluar boks hingga ke badan jalan.

Pantauan inilahkito.com Rabu (12/6) pukul 09.30 Wib, aneka sampah organik dan anorganik yang menumpuk ini bercampur dan sulit dipilah. Bangkai tikus dan kotoran ternakpun terlihat dibuang oleh warga di lokasi tersebut.

Tak heran bila muncul bau menyengat. Lalat hijau beterbangan diatas tumpukan sampah.Apalagi usai hujan turun, lalat semakin banyak, yang terkadang menempel di baju manakala melintas dengan berjalan kaki.

Menurut salah seorang pengendara yang melintas, Sobri, mengatakan, kondisi sampah seperti ini sudah berlangsung sejak sepekan atau Idul Fitri 1440 hijriah. Kondisi ini ditenggarai disebabkan belum ada petugas yang mengangkut sampah ke tempat akhir pembuangan sampah.Sementara setiap hari, warga selalu membuang sampah sehingga sampah tumpah ruah ke jalan, karena kapasitas boks tidak mampu menampungnya.

“Mungkin petugas yang mengangkut sampah ini belum bekerja karena cuti lebaran, jadi kondisinya seperti ini,” kata dia.

Sementara Herman pengendara lainnya berharap sampah – sampah yang menumpuk ini segera diangkut ke tempat pembuangan akhir sampah, agar sampah tidak semakin menumpuk dan tumpah ruah ke jalan.

“Kalo bisa secepatnya diangkut ke pembuangan akhir sampah, agar kita tidak disuguhi pemandangan tidak sedap dipandang mata dan bau menyengat setiap melintas, di sini” katanya.(IK)