Jembatan Menuju SP 5 Karya Teladan Rusak, Bupati Langsung Rapat di Atas Jembatan

MUSIRAWAS – Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan (H2G) menggelar rapat mendadak di atas jembatan di Jalan Poros menuju Desa SP 5 Karya Teladan Kecamatan Muara Kelingi Kabupaten Musi Rawas, Kamis (13/6).

Rapat dihadiri Kepala Dinas PU Bina Marga H Aidil Rusman, Kadishub Adi Winata, Camat Muara Kelingi Firdaus dan perwakilan perusahaan sawit CLBB, PPA dan MBL itu dilakukan setelah bupati meninjau langsung kondisi jembatan mengalami kerusakan, yang disinyalir akibat dilalui kendaraan bertonase besar.

Usai melakukan rapat, bupati langsung menginstruksikan Kepala Dinas Perhubungan Adi Winata dan Camat Kelingi Firdaus untuk segera memasang portal ditengah jembatan. Upaya itu agar untuk sementara waktu, jembatan tidak boleh dilalui oleh kendaraan besar dan hanya boleh dilalui kendaraan kecil.

Sementara kepada Kepala Dinas PU Bina Marga H Aidil Rusman, diintruksikan untuk segera melakukan pembangunan jembatan secara permanen.

Namun mengingat upaya pembangunan jembatan permanen tidak bisa segera dilakukan pada APBD Perubahan tahun 2019 ini, pembangunan permanen akan diupayakan pada APBD induk 2020. Tapi sembari menunggu pembangunan jembatan permanen, kepada Tiga perusahaan sawit yang menggunakan jembatan, bupati menginstruksikan agar segera melakukan perbaikan dan pemeliharaan.

“Dalam tiga hari ini segeralah dipasang portal, agar jangan dulu dilewati kendaraan besar.Bagi truk yang masih ada di dalam, perintahkan untuk keluar, karena akan dilakukan perbaikan,” instruksi bupati kepada Kadishub Mura.

Untuk pengangkutan sawit jelas bupati, untuk sementara jangan dulu menggunakan truk, tapi dengan cara mengunjal menggunakan mobil kecil.

“Kalo mobil kecil tidak apa-apa melintas,”katanya.

Kepada pihak perusahaan, bupati meminta agar membantu perbaikan jalan dan memeliharanya.

“Saya tidak pernah memanggil perusahaan sawit meminta ini itu, saya hanya ingin mereka memelihara jalan kabupaten yang dilalui.Karena pembangunan jembatan ini bukan untuk perusahaan tapi untuk masyarakat.Jika kondisi jembatan terpelihara dengan baik, tentunya dapat dinikmati bersama-sama,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga H Aidil Rusman mengatakan, pembangunan jembatan permanen dipastikan akan diupayakan pada APBD induk 2020, mengingat untuk APBD Perubahan tahun ini tidak mungkin tekejar lagi.

Sebagaimana diketahui, jembatan menuju Desa SP 5 Karya Teladan ini mengalami kerusakan.Diantaranya patah tiang pengaman dan lantai jembatan dari besi bergeser. Imbasnya salah satu kendaraan pengangkut sawit yang sedang melintas di jembatan itu nyaris terperosok dan terguling.(IK)