Ini Imbauan Manager PLN Ranting Muara Beliti Guna Hindari Kebakaran Akibat Konsleting Listrik

MUSIRAWAS – Sering terjadinya kebakaran rumah akibat konsleting listrik arus pendek di Kabupaten Musi Rawas akhir- akhir ini, mendapat respon dari manager PLN Ranting Muara Beliti, Zera Fitrizon.

Melalui inilahkito.com, Sabtu (15/6), dirinya memberikan imbauan kepada masyarakat untuk pencegahan bahaya kelistrikan yang mengakibatkan kebakaran.

Pertama jelasnya, masyarakat diimbau untuk tidak mengotak atik ataupun membypass peralatan pengaman listrik seperti sekring ataupun MCB.

Kemudian jangan menempelkan stop kontak bertumpuk – tumpuk, dan hendaknya rutin memeriksa kabel – kabel yang ada di instalasi yang mungkin sudah terkelupas atau sambungan yang kurang baik.

Lalu jelas Zera, jangan biarkan tusuk kontak peralatan elektronik menempel pada stopkontak pada saat digunakan dan pastikan tusuk kontak tidak longgar.

Selain itu kata Zera, untuk penambahan instalasi, serahkan pada instalatir yang sudah resmi dan gunakan peralatan listrik dan elektronik yang sudah berstandar Indonesia atau internasional (SNI).

Terakhir tambah Zera, periksa instalasi listrik secara berkala setelah 10 tahun atau lebih.

Sebagaimana diinformasikan, setidak dalam satu pekan ini, sudah dua kali terjadi kebakaran rumah warga yang diakibatkan konsleting listrik arus pendek.

Pertama terjadi di Kelurahan Selangit Kecamatan Selangit yang membakar sedikitnya Tiga rumah warga.Dua diantaranya mengalami rusak berat dan satu rusak ringan. Kebakaran ini menyebabkan Tiga kepala keluarga mengalami kerugian Rp 550 juta. Kemudian kebakaran terjadi hari ini Sabtu (15/6), melanda dua rumah warga di Desa Taba Gindo Kecamatan Selangit yang menyebabkan kedua rumah itu rusak ringan dengan total kerugian sebesar Rp 50 juta.(IK)