Kades di Mura Diharapkan Mampu Terapkan Hasil Bimtek

YOGYAKARTA – Kades di Musi Rawas diharapkan dapat menerapkan hasil pelatihan dan Bimtek yang diikutinya untuk diterapkan di desanya masing-masing.

Harapan ini disampaikan langsung oleh Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan ( H2G) saat menghadiri sekaligus membuka pelatihan dan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa 2019, yang digelar di Hotel Abadi Malioboro Yogyakarta, Senin (17/6).

Pada kegiatan Bimtek dihadiri camat dan kades se Kabupaten Musi Rawas ini, bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh aparatur desa, kecamatan dan Kabupaten Musi Rawas yang terus bekerja keras membangun desa dan kecamatan di wilayahnya masing-masing.

Bupati berharap kepada seluruh peserta pelatihan dan Bimtek ini agar benar-benar mengikuti dan serius untuk belajar pada kegiatan yang digelar ini.

“Selesai mengikuti pelatihan dan Bimtek ini nantinya, para aparatur desa dan kecamatan dapat menerapkan hasilnya di wilayahnya untuk kemajuan desa masing-masing,” kata dia.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia serta dinas yang menyelenggarakan kegiatan ini.

Sementara Kadis PMD Musi Rawas Mefta Joni melalui Sekdin PMD Alexander saat dikonfirmasi inilahkito.com, Selasa (18/6) menjelaskan, pembukaan pelatihan dan Bimtek Kades ini dibuka oleh Bupati H2G , dan pematerinya Kajari MLM Hj Zuraidah.

Dikatakannya, Bimtek kades yang digelar di luar Kabupaten Musi Rawas ini sekaligus pelaksanaan study kaji banding di Desa Ponggok Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

“Tujuannya untuk membuka wawasan para kades,” jelasnya.

Studi kaji dilakukan di Desa Ponggok ini karena desa itu merupakan salah satu desa di Indonesia yang memiliki Bumdes dengan 11 unit usaha yang mampu menghimpun Pendapatan Asli Desa. Pada 2018 lalu, desa ini mampu menghimpun Pendapatan Asli Daerah sebesar Rp 16 milyar.

“Study kaji ini yang tidak ada di Musi Rawas,” jelasnya.(IK)