Pelaku Curas di Lakitan Ini Keok Dihantam Peluru Petugas

MUSIRAWAS- Betis kanan dan kiri Indra Mansi (35), warga Blok C SP 3 Marga Baru, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas terpaksa dihadiahi timah panas oleh petugas.

Pasalnya salah seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di wilayah hukum Polsek Muara Lakitan ini berusaha kabur, saat personil Polsek Lakitan akan menangkapnya, Rabu (19/6) sekitar pukul 05.00 Wib.

Informasi diterima inilahkito.com, Kamis (20/6), Indra Mansi merupakan salah seorang pelaku curas terhadap korbannya bernama Berlian (23) warga Bloc C Sidomulyo SP 2 Kecamatan Muara Lakitan.

Peristiwa curas ini terjadi Minggu 19 Maret 2019 sekitar pukul 23.00 WIB di warnet milik H Saiful yang merupakan orang tua kandung korban di Desa Sidomulyo SP 2 Transubur.

Saat beraksi, pelaku tidak sendiri. Namun ditemani Edi Yanto (32) warga Desa Pelita Jaya SP 1 Transubur Kecamatan Muara Lakitan yang sudah tertangkap lebih dulu dan sedang menjalani proses sidik.

Kronologisnya saat itu korban sedang menjaga warnet sambil bermain komputer di dalam warnet. Tiba -tiba kedua pelaku yang mengenakan topeng dan bersenjata kecepek serta parang ini masuk ke dalam warnet melalui pintu roling depan yang terbuka.

Sesampai di dalam, pelaku langsung menodongkan senpi jenis kecepek kearah korban.

Aksi kedua pelaku ini mendapat perlawanan dari korban guna menghindari bidikan dari kecepek laras panjang pelaku.Namun pelaku lainnya langsung membacok kepala korban menggunakan parang.

Usai melumpuhkan korbannya, pelaku merampas satu unit HP android merk advan milik Bayu teman korban.

Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro melalui Kapolsek Muara Lakitan IPTU Romi membenarkan pihaknya telah mengamankan Indra Mansi, salah satu pelaku curas terhadap korban Berlian.

Penangkapan terhadap pelaku ini setelah pihaknya mendapat informasi bahwa tersangka telah pulang ke rumahnya.

Selama ini jelas Romi, tersangka kabur dari kejaran petugas.

“Setelah dilakukan lidik keberadaan tersangka sedang berada di rumahnya, anggota langsung melakukan penangkapan,” jelasnya.

Sayangnya, saat tersangka mengetahui petugas masuk ke dalam rumah, tersangka langsung kabur dari sergapan petugas.

Meski telah diberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali, namun tidak diindahkan tersangka.

“Akhirnya pertugas memberikan tindakan tegas terukur dengan menembak ke arah kaki untuk melumpuhkan, dan mengenai betis kanan dan kiri tersangka,” katanya.

Usai diberikan pengobatan medis di Puskesmas Muara Lakitan, tersangka langsung diamankan di Polsek Muara Lakitan guna proses penyidikan.

Dikatakan Romi, selain kasus curas, tersangka juga terlibat dua kasus lainnya yakni pencurian dengan pemberatan buah kelapa sawit.(IK)