Sukakarya Sukses Implementasikan Program GMSS

MUSIRAWAS – Rutinitas Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan (H2G) setiap bulan turun langsung ke desa – desa guna memastikan pengimplemasian salah satu program Musi Rawas Sempurna, yakni Gerakan Musi Rawas Sempurna Sehat (GMSS).

Seperti hari ini, Jum’at ( 5/7), Bupati H2G melakukan peninjauan langsung ke beberapa desa di Kecamatan Sukakarya.

Turut serta melakukan peninjauan ini antara lain, Kepala Dinas Kesehatan Musi Rawas Hj Mifta Hulummi dan Camat Sukakarya Muhammad Setiawan didampingi sejumlah kepala desa.

Sebelum tiba di Desa Rantau Alih, kunjungan Bupati H2G disambut puluhan warga lanjut usia (Lansia) yang melakukan senam Lansia di Halaman SDN Kuto Baru Desa Ciptodadi 1 Kecamatan Sukakarya.

Bupati juga disuguhkan persembahan paduan suara murid SDN Kuto Baru dengan membawakan lagu berjudul harta berharga. Setelah itu, bupati juga membagikan makanan bergizi dan buah – buahan untuk dimakan bersama.

Dikatakan Bupati H2G, dicanangkannya GMSS ini agar masyarakat Kabupaten Musi Rawas hidup sehat dan panjang umur.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada camat, kepala desa, PKK, tokoh masyarakat di Kecamatan Sukakarya yang telah menjalankan program – program yang dicanangkan Pemkab Musi Rawas untuk diterapkan di desa. Salah satunya menerapkan pola hidup sehat, dan memanfaatkan halaman rumah dengan menanam buah dan sayur, serta menggalakkan masyarakatnya berolahraga.

“Apalagi di Kecamatan Sukakarya, setiap bulannya melakukan pemberian makanan tambahan bergizi untuk sekitar Empat ribuan anak-anak. Artinya program GMSS ini benar-benar diterapkan di Kecamatan Sukakarya. Untuk itu diucapkan terimakasih kepada camat, kades dan seluruh tokoh masyarakat dan masyarakat yang telah menjalankan program Pemkab Musi Rawas ini,” katanya.

Bupati juga menjelaskan bahwa Desa Rantau Alih merupakan utusan Kabupaten Musi Rawas untuk mengikuti lomba Posyandu tingkat provinsi.

Sementara Camat Sukakarya Muhammad Setiawan mengucapkan terimakasih atas kunjungan Bupati H2G beserta Kadinkes Musi Rawas untuk melakukan peninjauan langsung program GMSS di Sukakarya.

Dikatakan Setiawan, berbagai kegiatan dan program telah dilakukan di delapan desa di Sukakarya guna mendukung Musi Rawas sehat. Salah satunya setiap satu bulan satu kali menyiapkan makanan tambahan untuk Empat ribuan anak.Dia juga mengatakan setiap rumah warga ada tanaman pokat.Setiawan juga mengajak seluruh kades dan masyarakat Kecamatan Sukakarya untuk mendukung program-program Bupati H2G saat ini dan kedepan.

Pantauan di lapangan, pada kunjungannya ini, Bupati H2G juga berkesempatan meresmikan cakruk (balai) sebagai lokasi khusus perokok di Desa Rantau Alih, dan menyaksikan deklarasi pengawas gerakan rumah tanpa asap rokok oleh Delapan kades di Sukakarya, yang dilakukan di Puskesmas Ciptodadi Kecamatan Sukakarya.(IK)