Debit Air Kurang Lancar dan Bau, Ada Sampah Menggenang di Saluran Irigasi Tugumulyo

MUSIRAWAS – Kesadaran masyarakat sekitar saluran irigasi di Kawasan Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Tugumulyo untuk membuang sampah pada tempatnya, masih minim.

Buktinya, masih ada oknum warga yang membuang sampah limbah rumah tangga di saluran irigasi, yang menyebabkan sampah menggenang di atas air.

Kondisi ini, selain menyebabkan air menjadi kotor, juga terkesan jorok. Apalagi sampah yang menggenang tersebut menimbulkan bau tak sedap.

Pantauan inilahkito.com, Senin (15/7), selain sampah- sampah yang menggenang di saluran air, sampah juga tampak berserak di atas permukaan saluran. Jika tidak cepat diatasi, bukan tidak mustahil, genangan sampah.ini menimbulkan masalah besar, seperti banjir dan menghambat debit air bagi petani yang berada di hilir saluran.

Salah seorang warga yang melintas di jalan Jendral Sudirman kawasan Desa F Trikoyo Kecamatan Tugumulyo Musi Rawas, Tuti (31) mengatakan, sampah yang menggenang di saluran irigasi ini bukan saja sampah yang berasal dari limbah rumah tangga warga sekitar. Namun tak jarang, ada juga pengendara yang sengaja membuang sampah ke saluran, umumnya pada malam hari. Padahal jelas dia, disepanjang jalan sudah disiapkan beberapa bok sampah untuk menampung sampah- sampah dari rumah tangga sekitar.

“Kadang yang buang sampah di saluran ini, bukan warga sini, tapi.pengendara yang kebetulan lewat. Biasanya pada malam hari,” katanya.

Ditambahkannya, jika kondisi air saluran irigasi sedang deras, sampah – sampah yang dibuang tersebut langsung hanyut terbawa arus.Namun disaat kondisi air yang mulai mengering seperti ini, sampah akan mengggenang di permukaan air yang surut.

“Padahal sudah ada larangan dilarang membuang sampah disaluran irigasi, tapi sebagian masih saja melakukannya. Sekarang ini tinggal lagi kesadaran manusianya,” pungkas dia.(IK)