Tujuh Tahun Buron, Pelaku Penodongan Disertai Pemerkosaan Ini Diringkus

MUSIRAWAS – Setelah Tujuh tahun menjadi buronan polisi dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), akhirnya Saat (26) salah seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) disertai pemerkosaan, berhasil diringkus tim Buser Reskrim Polres Musi Rawas.

Warga SP 1 Desa Sembatu Jaya Kec BTS Ulu ini diringkus saat sedang tertidur pulas di kediamannya, Rabu (7/8) sekitar pukul 03.50 WIB.

Berdasarkan informasi, Saat merupakan satu dari empat orang pelaku yang melakukan penodongan terhadap korbannya Wahyudi (46), warga SP 7 Desa Mangan Jaya Kecamatan Muara Kelingi pada 10 Agustus 2012, tujuh tahun silam.

Kapolres Musi Rawas AKBP Suhendro melalui Kasat Reskrim AKP Wahyu Setyo Pranoto membenarkan pihaknya telah mengamankan Saat,yang merupakan salah seorang pelaku penodongan dan pemerkosaan di wilayah hukum Polsek Muara Kelingi tujuh tahun silam.

Teman pelaku saat melakukan aksinya, yakni Radinal Muktar (28) dan Oking Marsono (25), keduanya warga SP 1 Desa Sembatu Jaya Kecamatan BTS Ulu sudah diamankan 2012 lalu, dan sudah menjalani hukuman. Sementara Satu pelaku lainnya inisial PD, hingga saat ini masih DPO dan dalam pengejaran petugas.

Dikatakan Kasat Reskrim, peristiwa ini terjadi bermula korban terbangun dari tidur sekitar pukul 04.00 WIB, Jum’at 10 Agustus 2012 lalu. Korban terbangun karena mendengar ada suara pecahan bola lampu di kamar korban dan seketika lampu langsung padam.

Korban dikejutkan keberadaan dua pelaku dihadapan korban dan langsung memukul menggunakan kayu. Setelah itu korban ditarik kebelakang dapur dan mengikat kaki serta tangan korban. Sementara salah seorang pelaku lainnya yang berbadan tinggi, masuk kembali ke kamar dan memerkosa istri korban, sedangkan pelaku satunya lagi mencari simpanan uang dan kunci kontak sepeda motor.

Usai menjarah harta benda dan memerkosa istri korban, para pelaku langsung melarikan diri.

Akibat peristiwa itu, korban alami kerugian kehilangan dua unit HP merk Nokia dan Mito, dan dua unit sepeda motor merk Honda Mega Pro dan Fit S. Jika ditaksir, korban alami kerugian materil sebesar Rp 13 Juta.

“Pelaku berhasil diringkus oleh tim Buser, setelah diketahui keberadaannya sedang berada di rumahnya,” kata dia.

Selanjutnya pelaku dan barang bukti di bawa ke Polres Mura guna proses lebih lanjut

Selain mengamankan pelaku, tim buser juga berhasil mengamankan barang bukti berupa satu pucuk senjata api rakitan laras pendek, dua bilah senjata tajam jenis pisau, enam kartu SIM, empat kartu mahasiswa dan tiga kartu ATM.(IK)

Editor : Firmansyah