Empat Pencuri Sapi Bersenpi dan Bermobil Sedan Ini Dilumpuhkan Dengan Timah Panas

LUBUKLINGGAU – Personil Opsnal dan SPK Polsek Lubuklinggau Selatan berhasil membekuk Empat pencuri hewan ternak jenis sapi sekitar pukul 02.00 WIB Kamis (8/8).

Keempat pelaku bersenjata api rakitan laras pendek ini terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas, karena dikhawatirkan membahayakan petugas.

 

Keempat pelaku ini merupakan warga SP 5 Desa Bina Karya Kecamatan Karangdapo Kabupaten Muratara, yakni Selamet (27), Atong Heryono (35), Dien Nara (28) dan Apriyanto (30).

Para pelaku ditangkap di Jalan Siring Agung menuju Jalan Moneng Sepati saat sedang mengangkut hasil curiannya ke Lubuklinggau.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono melalui Kapolsek Lubuklinggau Selatan Iptu Amirudin Iskandar membenarkan pihaknya telah mengamankan empat pelaku pencuri hewan ternak tersebut.

Dijelaskan Kapolsek, penangkapan terhadap para pelaku bermula atas kecurigaan personil opsnal dan SPK Polsek Lubuklinggau selatan yang sedang melaksanakan patroli.

Setiba di Jalan Siring Agung, petugas menemui kendaraan jenis sedan yang mencurigakan, dimana mobil dikendarai pelaku ini langsung masuk ke arah jembatan gantung moneng sepati setelah melihat mobil patroli yang melintas.

“Melihat mobil tersebut mencurigakan, maka anggota langsung melakukan pengejaran dan berhasil dihentikan serta langsung melakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Saat dilakukan pemeriksaan jelas Iptu Amiruddin, di dalam mobil ada empat orang laki laki, dan saat diminta untuk membuka kendaraan, terlihat oleh anggota di dalam mobil ada sepucuk senpi laras pendek yang terletak di sisi kursi penumpang sebelah kiri depan.

“Melihat ada senpi, anggota langsung melumpuhkan dengan tembakan ke arah empat orang yang ada di dalam mobil,” jelasnya lagi.

Selain ditemukan senpi laras pendek, petugas juga menemukan seekor sapi yang sudah dipotong-potong dan ditutup menggunakan terpal.

“Dari keterangan pelaku, sapi ini hasil curian mereka di SP Trans Subur Kecamatan Karangdapo Kabupaten Muratara dan di rencanakan akan dijual ke Lubuklinggau,” katanya.

Setelah berhasil melumpuhkan keempat pelaku yang terluka tembak di bagian kaki ini, langsung diangkut ke RS Siti Aisyah untuk mendapatkan pengobatan.

Selain berhasil mengamankan pelaku, pihaknya juga berhasil menyita barang bukti berupa satu unit mobil jenis sedan merek Suzuki sx4 yang digunakan pelaku untuk mencuri sapi. Kemudian sepucuk senpi kecepek laras pendek, dua buah amunisi call 38 dan 9 mm, dua pisau dan satu senter kepala. (IK)