Ribuan Masyarakat Leban Jaya Antusias Ikuti Upacara HUT ke 74 Kemerdekaan RI

MUSIRAWAS – Ribuan masyarakat Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas mengikuti upacara peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8).

Kepala Desa Leban Jaya Beni Apriansah bertindak langsung sebagai inspektur upacara yang dipusatkan di lapangan sepakbola Dusun 4 Desa Leban Jaya ini. Sementara Hariyanto anggota Koramil Muara Kelingi bertindak sebagai komandan upacara.

Hadir pada upacara yang berlangsung hikmad ini, perwakilan pelajar SD, SMP yang ada di Desa Leban Jaya, para guru PNS dan non PNS, bidan desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, seluruh perangkat desa, BPD, para kadus, ketua dan pengurus karang taruna, serta unsur masyarakat lainnya.

Uniknya, selesai dilakukan upacara, pihak panitia menyediakan hadiah door prize kepada peserta upacara yang beruntung, sekaligus pembagian hadiah bagi juara liga antar dusun pertandingan sepakbola dan bola voli yang diadakan oleh pengurus Karang Taruna desa setempat.Kemudian peserta upacara disuguhkan berbagai penampilan kesenian dan antraksi yang dipersembahkan oleh masyarakat Leban Jaya.

“Saya datang dan mengikuti upacara ini untuk peringati hari kemerdekaan, dan saya senang sekali. Sebab, inilah yang bisa saya lakukan untuk mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan bangsa kita dari para penjajah dahulu,” kata Suhaimi, salah satu warga yang mengikuti upacara.

Pantauan inilahkito.com, meski terik matahari cukup panas di pagi hari, namun antusias warga yang datang membludak, dan mereka dengan tertib berbaris sesuai kelompoknya masing – masing. Mereka tampak tak bergeming mengikuti upacara hingga selesai.

Sementara panitia HUT ke 74 Kemerdekaan RI yang juga ketua Karang Taruna Leban Jaya Agus Utomo mengatakan, upacara ini untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur untuk meraih kemerdekaan.

Upacara yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini, sengaja mengajak warga kampung agar mereka bisa merasakan pembangunan atas jasa para Pahlawan yang dengan gigih meraih kemerdekaan.

Dengan kemerdekaan saat ini, bisa dirasakan dan mewujudkan kekayaan alam yang sejahtera.

“Kami sengaja menyediakan hadiah door prize dan snack bagi peserta upacara, agar masyarakat bertambah semangat dan antusias untuk mengikuti upacara dalam rangka mengenang hari kemerdekaan Republik Indonesia ini,” katanya.

Kedepan kata Agus, melalui suport penuh Kades Beni Afriansah, kegiatan ini akan dilakukan lebih besar dan meriah lagi, terutama panggung utama akan di desain sebagus mungkin.

Selain itu, pihaknya juga akan mendata para veteran dan para pejuang yang ada di Desa Leban Jaya, untuk mengisi kursi – kursi kehormatan di panggung upacara tahun mendatang.(IK)