Kondisi Ekonominya Sudah Membaik, Dua KPM di Leban Jaya Mengundurkan Diri

MUSIRAWAS – Sedikitnya dua Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program bantuan sosial di Desa Leban Jaya Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas mengundurkan diri.

Pengunduran diri keduanya dari penerima manfaat program tersebut, setelah akan dipasang stiker tanda miskin di rumahnya, Kamis (19/9).

Pemasangan stiker tanda penerima KPM ini dipimpin langsung oleh Camat Tuah Negeri Cristiandi, didampingi Kades Leban Jaya Beni Afriansah, Sekdes Leban Jaya Ilham, koordinator PKH Sugianto, seluruh kadus, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Dua orang KPM yang mengundurkan diri ini, atas nama
Jumiana dan Endang.

“Aku mohon maaf, aku nak ngembalikan kartu ini.Alhamdulillah untuk saat ini, rezeki Kami sudah lumayan membaik dibanding saat menerima bantuan dulu, ” kata Jumiana.

Mendengar ungkapan Jumiana, Camat Cristiandi beserta tim langsung mengucapkan Alhamdulillah dan apresiasi atas niat tulus dari Jumiana untuk mengundurkan diri dari salah satu keluarga penerima manfaat di Desa Leban Jaya, dengan alasan ekonomi keluarganya sudah membaik.

Pada kesempatan itu, Jumiana juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas atas bantuan yang telah diterimanya selama ini.

“Semoga bantuan untuk Kami ini bisa dialokasikan kepada keluarga lain yang benar – benar membutuhkan,” katanya lagi.

Senada disampaikan Endang melalui suaminya Bur, dirinya menyatakan mundur dari penerima program bantuan sosial tersebut.

Kedua KPM yang mengundurkan diri ini langsung menandatangani surat pernyataan mengundurkan diri yang sebelumnya sudah disiapkan tim.

Camat Tuah Negeri Cristiandi mengatakan, pemasangan stiker ini untuk mempermudah pengawasan dan penilaian bagi KPM, juga agar bantuan ini tepat sasaran.

Selain memasang stiker tanda penerima KPM tambah dia, para penerima bantuan ini dido’akan, agar kondisi hidupnya kedepan membaik dan sejahtera. Sehingga tidak lagi menerima bantuan dan dipasang stiker.

Pemasangan stiker ini tambah dia, dilakukan pihak pendamping PKM, Kepala Desa beserta perangkat serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pantauan inilahkito.com di lapangan, meski ada yang mengundurkan diri dengan kesadarannya sendiri, ada juga yang tetap bersedia rumahnya ditempel stiker, meskipun secara kasat mata tidak layak lagi menerima bantuan tersebut.

Sebelum dilakukan pemasangan, penerima program sosial ini juga diminta berdo’a sesuai isi tulisan yang ada di dalam stiker.

Kades Leban Jaya Beni Afriansah didampingi Sekdes Ilham menambahkan, stiker yang dipasang pihaknya bersama tim ini merupakan instruksi dari Bupati Musi Rawas, sehingga memudahkan tim melakukan pengawasan terhadap penerima program tersebut agar program ini benar-benar tepat sasaran.

Stiker ini jelasnya, dipasang bagi penerima bantuan dari lima jenis bantuan seperti PKH, Rastra, BPNT, KIS dan KIP.

“Bagi penerima yang menerima salah satu atau lebih dari program bantuan ini akan diconteng sesuai jenis program bantuan yang diterimanya,” kata dia.(IK)